Kompas.com - 01/09/2021, 11:35 WIB
Tangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial. FACEBOOKTangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial.

KOMPAS.com - Pelat nomor putih yang terpasang di sepeda motor Scoopy hingga menimbulkan keramaian di media sosial belakangan ini ternyata dibeli secara online.

Hal itu diketahui setelah pihak Kantor Bersama Samsat Sidoarjo mendatangi kediaman pemilik sepeda motor berpelat putih di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (31/8/2021).

Sebelumnya, ramai unggahan yang menampilkan dua foto tampak depan dan belakang sepeda motor Scoopy dilengkapi pelat nomor putih dengan tulisan hitam.

Kedua foto tersebut dibagikan oleh akun Made Aryasa di grup Facebook New Scoopy 2021 Indonesia pada Minggu (29/8/2021). Namun, unggahan itu kini telah dihapus.

Kepada Kompas.com, Selasa (31/8/2021), pemilik sepeda motor sempat mengatakan bahwa pelat putih itu ia dapatkan dari diler saat membeli sepeda motor baru pada Maret 2021.

Baca juga: Ramai soal Scoopy Pakai Pelat Nomor Putih Tulisan Hitam, Apakah Sudah Berlaku? Ini Ceritanya

Dibeli secara online

Dari hasil penelusuran, Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko mengungkapkan, pelat putih tersebut bukan didapat dari diler, melainkan didapat setelah membeli dari situs online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di mana pelat TNKB berwarna putih dibeli dari Bandung dengan akun Instagram @licenseplatframe.id dengan nopol W 3373 NBF seharga Rp 200.000 yang dibeli pada 20 Agustus 2021," ujar Gatot kepada Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

"Yang bersangkutan mengira bahwa penggunaan pelat TNKB berwarna putih sudah mulai berlaku dan bisa digunakan," imbuhnya.

Baca juga: Apakah Pelat Nomor Kendaraan Putih Sudah Berlaku? Ini Kata Korlantas

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.