Kompas.com - 17/07/2021, 13:05 WIB
Pencucian yang salah bisa membuat kain kemeja jadi kusut Unsplash/Fernando LavinPencucian yang salah bisa membuat kain kemeja jadi kusut

KOMPAS.com - Beberapa jenis kain mudah menjadi kusut. Apalagi jika dicuci dengan cara yang kurang tepat.

Kain kusut ini menjengkelkan, apalagi jika berhubungan dengan penampilan. Semisal kain kemeja, kain blouse, atau kain long dress.

Kemeja yang kusut seringnya tak akan bisa halus sempurna hanya dengan cara disetrika begitu saja. Masih akan tetap ada pola garis-garis atau kerutan yang tak bisa menjadi halus rata.

Terutama, pola kerutan ini ada di pojok-pojok jahitan atau pinggiran pakaian. Jika pada kemeja, biasanya kerutan ada di pinggiran di tempat kancing baju dan lubang kancing baju berada.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Dicukil dari The Spruce, ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerutan pada kain baju.

Baca juga: Menghilangkan Aroma Rokok yang Melekat pada Pakaian dan Karpet

Tips agar kemeja tak kusut

Beberapa jenis kain butuh perlakuan khusus, terutama ketika mencuci dan menyetrikanya. Nah, lima langkah berikut ini bisa Anda lakukan, dalam merawat kain yang mudah kusut agar tak lagi berkerut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1.  Lepas jahitan

Lepas jahitan yang membuat ujung kemeja jadi kusut, kemudian jahit kembali dengan rapiUnsplash/Reuben Kim Lepas jahitan yang membuat ujung kemeja jadi kusut, kemudian jahit kembali dengan rapi
Jika kerutan kain terjadi akibat jahitan yang ada di pinggiran kain, maka mau tak mau Anda harus melepas jahitan yang ada. Kemudian menjahitnya kembali dengan jahitan yang lebih rapi.

Kerutan pada pinggiran kain karena adanya jahitan yang kurang rapi ini akan mempengaruhi area di sekitarnya.

Efeknya, kerutan akan makin banyak dan kemeja atau blouse tak akan terlihat rapi dan halus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.