Kompas.com - 10/07/2021, 14:15 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas (Dokumen Kemenag) KOMPAS.com/RAHEL NARDAMenteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas (Dokumen Kemenag)

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal Zulhijjah 1442 Hijriah sekaligus penetapan Idul Adha 2021, hari ini Sabtu (10/7/2021).

Mengutip laman Kemenag, Sabtu (10/7/2021) Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Moh. Agus Salim mengatakan, jadwal pelaksanaan sidang isbat akan terbagi dalam tiga sesi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Agama RI (@kemenag_ri)

Jadwal sidang isbat

Sidang isbat sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal pada awal Zulhijjah 1442 H.

Pemaparan akan disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin.

Sesi kedua, dimulai setelah Maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB, dan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara daring.

Sesi kedua akan diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mulai 12 Juli KA Lokal Hanya Layani Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal, Ini Daftarnya

Pengumuman hasil sidang isbat

Kemudian pada sesi ketiga, yang dijadwalkan pukul 19.00 WIB, Menteri Agama akan mengumumkan hasil sidang isbat sekaligus penentuan Idul Adha 1442 H.

Pengumuman dari Menteri Agama akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming melalui akun media sosial resmi Kemenag.

"Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat 1 Zulhijah 1442 H, (sekaligus penentuan Iduladha 1442 H) secara telekonferensi pers dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Agus.

Link live streaming

Berikut link live streaming untuk memantau jalannya sidang isbat Idul Adha:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.