Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Pengantin Pria Ceraikan Istri Beberapa Menit usai Akad Nikah

Kompas.com - 10/07/2021, 12:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Peristiwa yang menghebohkan terjadi di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dalam sebuah video yang viral di media sosial, seorang pengantin pria tampak mengajukan cerai atau talak kepada istrinya tidak lama setelah prosesi akad nikah atau ijab kabul selesai.

Setelah ditelusuri, diketahui peristiwa dalam video tersebut terjadi di Kecamatan Empang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (4/7/2021).

Baca juga: Viral Video Pengantin Pria Talak Istri Selesai Akad Nikah, KUA Sebut Mereka Sudah Rujuk Kembali

Berikut fakta-fakta pengantin pria yang ceraikan istri setelah akad nikah:

1. Langsung ajukan talak

Dari rekaman video yang beredar, semula tidak ada yang aneh dari kedua mempelai. Semua berjalan normal dan prosesi akad nikah keduanya digelar di halaman rumah dengan pelaminan yang dihias sederhana.

Pihak keluarga dan undangan pun tampak tertib menyaksikan detik-detik momen pernikahan mereka. Pasangan pengantin yang awalnya duduk di pelaminan, kemudian diarahkan ke meja ijab kabul di depannya. Keduanya juga terlihat mesra.

Petugas Kantor Urusan Agama (KUA) sempat bertanya kepada pengantin wanita soal mahar, apakah dirinya meminta atau tidak.

“Minta atau tidak,” tanya petugas KUA.

Pengantin wanita langsung memberikan jawaban. “Tidak,” jawab pengantin wanita.

Baca juga: Baru Selesai Ijab Kabul, Pengantin Pria di NTB Langsung Minta Cerai

Setelah itu, petugas KUA langsung memimpin ijab kabul. Dalam video itu, awalnya terlihat pengantin pria tampak tenang dan lancar mengucapkan ijab kabulnya.

Pengantin pria melakukan ijab kabul disaksikan wali pengantin wanita. Setelah itu, penghulu meminta pengantin pria menandatangani dokumen pernikahan.

Namun hal yang mengejutkan kemudian terjadi. Alih-alih membubuhkan tanda tangan, sang mempelai pria tiba-tiba mengambil mikrofon dan langsung berdiri.

Tak lama kemudian, dia pun mengumumkan kata talak untuk sang istri. "Sanai ake mada ma talak la Y (hari ini saya talak Y)," kata pengantin pria itu dalam bahasa Bima.

Sontak seluruh hadirin yang berada di lokasi kaget bukan kepalang.

2. Sempat terjadi keributan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com