Kota Medan dan 14 Daerah Luar Jawa-Bali Bersiap Terapkan PPKM Darurat

Kompas.com - 10/07/2021, 11:15 WIB
Salah seorang pelanggar PPKM darurat ketika mengikuti persidangan di tempat di Kawasan Pasar Lama, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Jumat (9/7/2021). (Istimewa)Salah seorang pelanggar PPKM darurat ketika mengikuti persidangan di tempat di Kawasan Pasar Lama, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Jumat (9/7/2021).

KOMPAS.com - Opsi segera membuka penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di luar Pulau Jawa-Bali diusulkan oleh Ahli Epidemiologi Griffth University Australia Dicky Budiman.

Ia setuju jika penerapan PPKM darurat di luar Jawa dan Bali segera dilakukan dengan kosnsisten.

"Kalau bisa menerapkan PPKM Darurat dari sekarang lebih baik, karena di luar Jawa-Bali sudah memenuhi syarat sebetulnya, tapi intinya dalam PPKM Darurat itu semuanya dilakukan dengan konsekuen, berkomitmen tinggi dan konsisten," kata Dicky dikutip dari Kompas.com, Kamis (8/7/2021).

Menyambut usulan tersebut, pemerintah bersiap untuk menambah daerah yang akan menerapkan PPKM Darurat.

Sebanyak 15 kabupaten/kota luar pulau Jawa dan Bali akan menjalankan aturan tersebut mulai 12-20 Juli 2021.

"Pengaturan pembatasan kegiatan tersebut ini mengikuti PPKM Darurat yang ada di Jawa Bali," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers secara daring, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat Luar Jawa, Mendagri Minta Kepala Daerah Turun ke Lapangan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pulau Sumatera mulai bersiap untuk memberlakukan PPKM darurat.

Salah satunya pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan memberlakukan PPKM darurat di Kota Medan.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan beberapa daerah yang berbatasan dengan Kota Medan sudah diminta untuk mendukung PPKM darurat tersebut.

"Kita informasikan kepada kabupaten/kota tetangganya Kota Medan untuk juga melakukan bersama-sama mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan penumpukan di Kota Medan sampai 20 Juli," kata Edy usai rapat virtual dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di rumah dinas gubernur di Medan, Jumat (9/7/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.