Kompas.com - 10/07/2021, 09:10 WIB
Tim penyelamat terlihat di depan gua Tham Luang di Taman Hutan Non Khun Nam Nang di Chiang Rai, Tabu (27/6/2018). Mereka berupaya menyelamatkan 12 remaja dan pelatih mereka yang hilang selama beberapa hari di dalam gua. (AFP/Lillian Suwanrumpha) Tim penyelamat terlihat di depan gua Tham Luang di Taman Hutan Non Khun Nam Nang di Chiang Rai, Tabu (27/6/2018). Mereka berupaya menyelamatkan 12 remaja dan pelatih mereka yang hilang selama beberapa hari di dalam gua. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

KOMPAS.com - Hari ini tiga tahun lalu, tepatnya pada 10 Juli 2018, seluruh anggota klub sepak bola anak-anak Thailand yang terjebak di gua Tham Luang berhasil dievakuasi.

Melansir History, upaya penyelamatan 12 anak-anak anggota klub sepak bola Wild Boars dan seorang pelatihnya itu menyita perhatian dunia selama lebih dari dua pekan.

Terjebak di gua

Insiden itu bermula pada 23 Juni 2018, ketika pelatih Ekkapol Chantawong (25) mengajak 12 anak didiknya yang berusia 11-16 tahun untuk menyusuri gua Tham Luang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kegiatan itu awalnya direncanakan sebagai tur singkat setelah latihan. Namun tanpa mereka sadari, hujan deras yang turun membuat mulut gua dibanjiri air dan lumpur.

Banjir menjebak 13 orang itu di dalam gua. Selama berhari-hari, mereka bertahan hidup dalam gua, tanpa makanan dan oksigen yang semakin menipis.

Baca juga: Ron Howard Garap Film Dokumenter Penyelamatan Tim Sepak Bola Thailand dari Gua Tham Luang

Pada 2 Juli 2018, setelah sembilan hari upaya pencarian gabungan, dua orang relawan asal Inggris berhasil menemukan 13 orang yang terjebak itu.

Anggota klub Wild Boars dan pelatihnya ditemukan di lokasi berjarak sekitar 2,5 mil atau 4 kilometer dari mulut gua, dalam keadaan kelaparan, kelelahan, dan kekurangan oksigen.

Penemuan itu memberi secercah harapan. Sejak saat itu, gabungan regu penyelamat memulai upaya dramatis untuk menyelamatkan 13 orang yang terjebak di gua Tham Luang.

Dua belas remaja dan pelatih sepak bola ''Wild Boars'' yang berhasil diselamatkan setelah terjebak di dalam goa di Thailand, hadir dalam konferensi pers di Chiang Rai, Thailand, Rabu (18/7/2018).AFP PHOTO/LILLIAN SUWANRUMPHA Dua belas remaja dan pelatih sepak bola ''Wild Boars'' yang berhasil diselamatkan setelah terjebak di dalam goa di Thailand, hadir dalam konferensi pers di Chiang Rai, Thailand, Rabu (18/7/2018).

Penyelamatan yang sulit

Melansir BBC, pada 7 Juli 2018, otoritas Thailand memulai upaya evakuasi terhadap 13 orang yang terjebak di dalam gua Tham Luang.

Keputusan untuk segera mengevakuasi korban yang terjebak itu diambil, setelah adanya informasi dari warga setempat bahwa gua Tham Luang akan sepenuhnya dibanjiri air.

Halaman:

Sumber BBC,History
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.