Dicari, Muda-mudi Usia 17-24 Tahun, Susuri Jalur Rempah dengan KRI Dewa Ruci

Kompas.com - 27/05/2021, 12:59 WIB
Kemdikbud buka rekrutmen jalur rempah KemdikbudKemdikbud buka rekrutmen jalur rempah

KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan membuka rekrutmen peserta untuk mengikuti Muhibah Budaya Menyusuri Jalur Rempah 2021.

Rekrutmen ini terbuka untuk pemuda-pemudi berusia 17-24 tahun.

Para peserta akan melakukan pelayaran mengarungi lintas samudra menyusuri titik-titik jalur rempah di Indonesia.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Restu Gunawan mengatakan, tujuan Muhibah Budaya Menyusuri Jalur Rempah 2021 ini untuk membuat generasi muda bisa merasakan langsung pelayaran menyusuri jalur rempah.

Melalui ini, diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan pemahaman yang baik bahwa Indonesia merupakan negara maritim serta memiliki rempah-rempah yang menjadi komoditas utama sejak dulu.

“Jalur rempah ini akan kami usulkan sebagai warisan budaya dunia kategori jalur. Kalau selama ini kan kita kawasan atau situs. Nah, ini kategori jalur. Dan kategori jalur ini kan harus ada evidence based, bukti nyata. Tentu dengan muhibah ini harapannnya bisa memperkuat evidence-evidence itu kemudian mendorong adanya riset dan sebagainya,” ujar Restu saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka yang terpilih akan melakukan pelayaran selama tiga bulan mulai 17 Agustus sampai dengan 28 Oktober 2021.

Pelayaran menggunakan KRI Dewaruci bekerja sama dengan TNI AL dan akan mengarungi 13 pelabuhan yang merupakan titik rempah.

Ke-13 pelabuhan itu adalah:

  1. Banda Neira
  2. Ternate
  3. Makassar
  4. Banjarmasin
  5. Bintan
  6. Medan
  7. Lhouksemawe
  8. Padang
  9. Banten
  10. Jakarta
  11. Semarang
  12. Benoa
  13. Surabaya.

“Pesertanya anak-anak muda dari 34 provinsi. Setiap provinsi kita ambil 5 orang. Dan nanti berlayarnya on off, ada 5 titik pergantian penumpang,” kata Restu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X