7 Data Bocor yang Diungkap Raid Forums sebelum Diblokir Kominfo

Kompas.com - 22/05/2021, 20:50 WIB
Ilustrasi hacker ShutterstockIlustrasi hacker
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir situs Raid Forums pasca-pengungkapan kebocoran data 279 warga Indonesia. Data warga tersebut disinyalir bersumber dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Melansir KompasTekno, Sabtu (22/5/2021), Kominfo sudah memasukkan situs Raid Forums ke daftar laman yang diblokir melalui situs trustpositif.kominfo.go.id. Situs forum online tersebut kini sudah tidak bisa diakses lagi.

Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan, situs Forum Raids diblokir karena kerap menyebarkan konten-konten yang melanggar undang-undang di Indonesia.

"Raid Forums teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia, sehingga website tersebut, termasuk akun bernama Kotz, sedang dilakukan proses pemblokiran," kata Dedy dikutip KompasTekno, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: Kominfo Blokir Raid Forums Pasca-kebocoran Diduga Data 279 Juta Warga RI

Raid Forums merupakan forum online yang kerap mengungkapkan kebocoran-kebocoran data. Situs ini termasuk jenis surface web yang mudah diakses oleh siapa saja tanpa harus menggunakan peramban khusus seperti Tor Browser.

Forum online ini merupakan ruang diskusi bagi anggotanya terkait aktivitas pembobolan data. Bahkan, forum ini juga menjadi semacam "marketplace" bagi penjual dan pemburu data.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut daftar 7 data bocor yang pernah diungkap Raid Forums.

1. Data pengguna Tokopedia

Pada Mei 2020 lalu, Raid Forums sempat mengungkapkan kebocoran data pengguna Tokopedia. Salah seorang anggota forum, "whysodank" mengklaim memiliki 15 juta data pengguna Tokopedia. Data itu ia jual di forum online ini seharga 5.000 dollar AS atau Rp 74 juta.

Baca juga: Apa Itu Raidforums, Situs yang Mengungkap Kebocoran Data Pengguna Tokopedia?

Tokopedia pun mengakui adanya upaya pencarian data pengguna e-commerce ini. Namun demikian, pihaknya memastikan bahwa password milik pengguna tetap aman dan terlindungi oleh sekuriti berlapis, termasuk melalui mekanisme kode OTP (one-time passwrod).

2. Data pengguna Bukalapak

Selain Tokopedia, e-commerce lainnya, Bukalapak juga mengalami nasib serupa pada bulan yang sama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X