Kompas.com - 13/05/2021, 07:05 WIB
Ilustrasi Lebaran: Warga Palembang keturunan Arab bersiap menjalankan ibadah Sholat Idul Fitri di Musholah Kampung Al-Munawar, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/6).  KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAHIlustrasi Lebaran: Warga Palembang keturunan Arab bersiap menjalankan ibadah Sholat Idul Fitri di Musholah Kampung Al-Munawar, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/6).

Selamat Hari Lebaran
Minal aidin wal faizin
Mari bersalam-salaman
Saling bermaaf-maafan

KOMPAS.com - Selamat Hari Raya Idul Fitri! Biasanya, ucapan Selamat Idul Fitri atau Lebaran ini diikuti dengan permohonan maaf "Minal Aidin Wal Faizin".

Sama seperti penggalan lirik lagu yang dipopulerkan oleh grup band Gigi di atas, Lebaran merupakan momen yang tepat untuk saling bermaaf-maafan.

Karena masa pandemi Covid-19, bermaaf-maafan dan bersalam-salaman sebaiknya dilakukan secara virtual untuk mencegah penularan virus corona.

Baca juga: Ketentuan Lengkap Shalat Idul Fitri dari Kemenag

Sebenarnya, apa makna minal aidin wal faizin?

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta dan pengasuh Ponpes Darul Afkar Klaten mengatakan, minal aidin wal faizin merupakan potongan dari ungkapan doa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebenarnya itu potongan, lengkapnya ja'alanallah minal aidin wal faizin," kata Syamsul saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Menurut dia, ungkapan doa itu merupakan ucapan khas Lebaran di Indonesia.

Syamsul menjelaskan, arti dari ungkapan doa itu adalah 'Semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan'.

"Maksudnya kembali ini kembali kepada fitrah, kesucian, karena dosa selama Ramadhan dihapuskan," jelas dia.

Baca juga: Kapan Lebaran? Ini Jadwal Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 2021

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X