Kompas.com - 09/05/2021, 09:30 WIB
Tangkapan layar video yang menampilkan rekaman radar disertai dengan narasi yang menyatakan terdapat penerbangan malam berisi warga negara asing. FACEBOOKTangkapan layar video yang menampilkan rekaman radar disertai dengan narasi yang menyatakan terdapat penerbangan malam berisi warga negara asing.

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan rekaman radar disertai dengan narasi suara yang menyatakan terdapat penerbangan malam berisi warga negara asing (WNA) ramai di media sosial.

Adapun video dengan klaim tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook Salman pada Jumat (7/5/2021).

Dalam video tersebut terdapat narasi suara sebagai berikut:

"Seumur-umur ya saya baru melihat pola seperti ini penerbangan semaunya ke arah timur beriringan, ada satu dua tiga empat lima enam, beriringan ke arah timur beriringan berada di utara pulau jawa ada di laut jawa, yang saya khawatirkan isinya warga negara asing yang mau dipindah barus masuk wilayah negara Republik Indonesia ini baru lihat seperti ini, kalau hari normal selama pandemi yang berlangsung ini tidak pernah saya lihat kejadian seperti ini, kalau jam segini rata-rata sudah sepi kosong di sini ada satu beriringan".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"HASIL PANTAUAN RADAR PENERBANGAN KEMARIN MAKASSAR DISERBU IMIGRAN ASENG CHINA?? SIAP2 KITA PERANG DENGAN CINA ??".

Baca juga: Video Viral Anak Tak Sengaja Bertemu Ayahnya Saat Mudik, Bagaimana Ceritanya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Video Viral Disebutkan TNI Turunkan Tank Baja untuk Penyekatan Mudik, Ini Penjelasan TNI

Lantas, bagaimana tanggapan dari AirNav Indonesia?

Tidak benar alias hoaks

AirNav Indonesia menanggapi beredarnya video yang menampilkan rekaman radar dengan voice over yang menyatakan terdapat penerbangan malam yang berisi warga negara asing.

Direktur Utama AirNav Indonesia, M Pramintohadi Soekarno menegaskan bahwa informasi yang terdapat dalam video tersebut merupakan kabar bohong alias hoaks.

"Video tersebut berisi rekaman radar yang menampilkan penerbangan di utara Pulau Jawa pada Rabu (5/5/2021) dini hari. AirNav memastikan rekaman tersebut bukan merupakan tampilan Air Situation Display (ASD) pada Air Traffic Control (ATC) System AirNav baik di Surabaya, Makassar, Denpasar maupun Jakarta," ungkap Pramintohadi sebagaimana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (9/5/2021).

Baca juga: Video Viral Truk Bertutup Terpal Angkut Pemudik Ketahuan Petugas, Bagaimana Ceritanya?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X