Mengintip Makna dan Fungsi Lampu Warna-warni di Runway Bandara...

Kompas.com - 08/07/2020, 07:05 WIB
Tangkapan layar pemandangan runway di malam hari yang terangi oleh lampu berwarna-warni. Twitter: @_TNIAUTangkapan layar pemandangan runway di malam hari yang terangi oleh lampu berwarna-warni.

KOMPAS.com - Pada malam hari, runway atau landasan pacu di bandara akan terlihat berwarna-warni akibat paparan dari lampu yang ada di sekitar landasan.

Adapun cahaya lampu yang terlihat yakni berwarna kuning, merah, biru, dan hijau.

Visual mengenai pemandangan runway pada malam hari yang diterangi lampu berwarna-warni tersebut juga diunggah oleh akun Twitter resmi TNI Angkatan Udara, @_TNIAU pada Minggu (5/7/2020).

Baca juga: Viral, Video Pria Ancam Polisi yang Akan Bubarkan Judi Sabung Ayam di Toraja Utara

Baca juga: Ramai soal Angka dan Huruf di Landasan Pacu, Apa Artinya?

Lalu, adakah makna dan fungsi dari perbedaan warna pada runway tersebut, atau hanya pemanis semata?

Manajer Operasional AirNav Cabang Semarang, Kelik Widjanarko mengungkapkan ada 14 macam lampu atau alat bantu yang memiliki fungsi yang berbeda.

Adapun macam-macam lampu ini termasuk dalam alat bantu pendaratan visual yang berfungsi membantu dan melayani pesawat terbang selama tinggal landas, mendarat dan melakukan taxi (bergerak di darat) agar dapat bergerak secara efisien dan aman atau Airfield Lighting System (AFL).

"Ada Runway Edge Light, Threshold Light, Runway End Light, Taxiway Light, Flood Light, Approach Light, VASIS, Rotating Beacon, Turning Area Light, Apron Light, Sequence Flashing Light (SQFL), Traffic Light, Obstruction Light, dan Wind Cone," ujar Kelik saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Menilik Bandara Hong Kong yang Gunakan Bilik Robot Disinfeksi Pertama untuk Seluruh Tubuh

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X