Kompas.com - 02/05/2021, 19:00 WIB
Cara mencegah kecoa masuk rumah Unsplash/Erik KaritsCara mencegah kecoa masuk rumah

KOMPAS.com - Siapa yang tak membenci kecoa. Selain membawa bau khas yang tak sedap, kecoa juga berpotensi membawa berbagai macam penyakit.

Kecoa sering bertandang di area dapur. Khususnya di area sampah dapur atau area-area yang banyak ditimbuni perkakas tak bergerak. 

Dinamakan tak bergerak karena perkakas ini dalam waktu lama tak dipindah-pindahkan dari tempatnya. Entah disimpan karena belum terpakai, atau dijejalkan karena sudah tak terpakai lagi.

Di area yang padat barang-barang inilah, kecoa senang bersembunyi, membuat sarang. Kemudian sesekali waktu ketika akan mencari makan, kecoa akan keluar dari persembunyiannya dan bersentuhan dengan kita.

Baca juga: Mengapa Kecoa Susah Sekali Dibunuh? Ini Jawabannya

Cara mencegah kecoa masuk rumah

Ilustrasi kecoashutterstock Ilustrasi kecoa
Daripada bingung mencari cara membasmi kecoa, usaha pencegahan lebih efektif untuk dilakukan.

Seperti dilansir dari The Spruce, berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan agar kecoa tak masuk ke dalam rumah dan menginvasi "sarang" kita:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pastikan meja dapur, lemari, lantai dan seluruh pojok-pojok rumah selalu dalam keadaan bersih dan teratur.

2. Segera bersihkan kompor dan meja dapur setiap kali Anda selesai memasak. Bau sisa makanan, bisa mengundang kecoa masuk ke dalam rumah.

3. Jangan meninggalkan makanan basah terbuka di area rumah, baik siang maupun malam hari.

4. Bersihkan rumah secara teratur, jangan ada pojok-pojok rumah yang ditimbuni oleh barang-barang tak bergerak dalam waktu lama. Jika ingin menyimpan barang, secara rutin bersihkan dan keluarkan barang-barang tersebut dari dalam lemari. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X