Kompas.com - 30/04/2021, 17:53 WIB
Kondisi Kawah Sileri di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah pasca-erupsi freatik pada, Minggu (1/4/2018). KOMPAS.com/Iqbal FahmiKondisi Kawah Sileri di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah pasca-erupsi freatik pada, Minggu (1/4/2018).

KOMPAS.com – Kawah Sileri yang berada di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, mengalami letusan freatik pada 29 April 2021 pukul 18.25 WIB.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (30/4/2021), letusan freatik yang terjadi mengakibatkan lontaran material batu maupun lumpur.

Kepala Pos Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung api Dieng Surip menyebutkan, hingga saat ini belum terpantau erupsi susulan.

Letusan Kawah Sileri, yang terjadi kemarin bukan yang pertama terjadi. 

Baca juga: Update Letusan Kawah Sileri Dieng dan Rekomendasi PVMBG

Sebelumnya, pernah terjadi letusan Kawah Sileri yang bahkan menenggelamkan satu desa.

Berikut ini, catatan letusan yang pernah terjadi di Kawah Sileri:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Letusan tahun 1944

Pada 4 Desember 1944, Kawah Sileri tercatat mengalami letusan freatik. Peristiwa ini menyebabkan 117 orang meninggal dunia.  

2. Letusan tahun 1964

Kawah Sileri tercatat juga pernah meletus pada 13 Desember 1964. Akibat peristiwa itu, satu kampung yang memiliki sebutan Desa Jawera hilang akibat erupsi Sileri yang bertipe freatik eksplosif.

Sebanyak 114 orang tewas.

“Sekarang prasastinya bisa dilihat di sekitar gerbang masuk kompleks wisata kawah. Dari cerita senior yang ada di pos pemantauan ini, konon misteri letusan Sileri tahun 1964 yang berupa batu seukuran kepalan tangan terlempar sampai di sini (pos) yang jaraknya sekitar dua kilometer,” ujar Surip, seperti diberitakan Kompas.com, 5 Juli 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X