Kompas.com - 30/04/2021, 11:00 WIB
Jalan menuju Kawah Sileri Dieng ditutup setelah terjadi letusan yang mengeluarkan batu dan lumpur, Kamis (29/4/2021). Jalan menuju Kawah Sileri Dieng ditutup setelah terjadi letusan yang mengeluarkan batu dan lumpur, Kamis (29/4/2021).

KOMPAS.com - Kawah Sileri Dieng mengalami letusan freatik pada 29 April 2021 pukul 18.25 WIB.

Erupsi freatik ini melontarkan material 400 meter ke arah selatan (material batuan 200 meter dan lumpur 400 meter), ke arah timur (material batuan 200 meter dan lumpur 300 meter), ke arah barat 200 meter berupa lumpur.

Terekam satu kali gempa letusan dengan amplitudo 42,7 mm dan lama gempa 108,15 detik.

Kepala Pos Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Api Dieng Surip mengatakan, sejauh ini belum terpantau adanya erupsi susulan.

“Sampai saat ini tidak ada susulan erupsi,” kata Surip saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (30/4/2021) pagi.

Surip menambahkan, pihaknya terus melakukan pemantauan aktivitas Kawah Sileri.

“Masih dalam pemantauan terus, belum ada peningkatan yang signifikan, belum ada perkembangan lebih lanjut lagi,” ujarnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, lanjut dia, Kawah Sileri Dieng berstatus normal atau level I.

“Masih normal, (tapi) karena peningkatan aktivitas, (diimbau tidak memasuki area kawah) dengan radius 500 meter dari bibir kawah, (dari) sebelumnya 200 meter,” tuturnya.

Sebagai informasi, erupsi freatik Kawah Sileri terakhir terjadi pada 1 April 2018.

Baca juga: Kawah Sileri Dieng Meletus, Muntahkan Batu dan Lumpur

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X