Hari Ini dalam Sejarah: Kelahiran Charlie Chaplin, Sang Legenda Pantomim Dunia

Kompas.com - 16/04/2021, 08:45 WIB
Charlie Chaplin. (charliechaplin.com) Charlie Chaplin. (charliechaplin.com)

KOMPAS.com - Hari ini 132 tahun lalu, tepatnya 16 April 1889, adalah hari lahir salah satu sosok legendaris dunia, yaitu Charlie Chaplin.

Dia merupakan aktor yang dikenal paling sukses secara finansial, saat awal kemunculan Hollywood.

Namanya identik dengan aksi-aksi komedi dan pantomim dalam balutan film bisu.

Bagaimana sepak terjang Chaplin dalam dunia perfilman?

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tenggelamnya Kapal Titanic

Akrab dengan panggung

Charles Spencer Chaplin lahir di London, Inggris, pada 16 April 1889.

Ayahnya adalah seorang vokalis dan aktor serba bisa. Ibunya, dikenal dengan nama panggung Lily Harley, seorang aktris dan penyanyi di bidang opera ringan.

Melansir History.com, sejak kecil, Chaplin sudah familiar dengan panggung dan pertunjukan. Ia pernah diajak ibunya ke atas panggung dalam suatu pertunjukan.

Akan tetapi hidup tak selalu indah. Saat masih balita, ayah Chaplin meninggal. Sementara itu, ibunya mengalami gangguan saraf.

Di usia muda, Chaplin dan kakak tirinya, Sydney, menjelajahi London untuk mencari nafkah. Mereka menari di jalanan dan mengumpulkan uang dengan topi.

Mereka akhirnya pergi ke panti asuhan dan bergabung dengan Eight Lancashire Lads, kelompok tari anak-anak.

Ia dengan cepat memenangkan perhatian publik sebagai penari tap yang luar biasa.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Dahsyat di Tibet, 2.698 Orang Tewas

Charlie Chaplin, aktor dan komedian legendaris yang sukses di Hollywood.charliechaplin.com Charlie Chaplin, aktor dan komedian legendaris yang sukses di Hollywood.

Karir di dunia film

Melansir charliechaplin.com, saat usia sekitar 12 tahun, Chaplin mendapat kesempatan pertamanya untuk berakting di pertunjukan panggung yang sah.

Ia berperan sebagai Billy, peran pendukung HA Saintsbury pertama. Kemudian William Gillette dalam produksi berbeda dari “Sherlock Holmes”.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X