Kompas.com - 15/04/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi diet ketat. Setelah melahirkan, ahli gizi tidak menyarankan ibu melakukan diet ketat demi kesehatannya dan bayinya. SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi diet ketat. Setelah melahirkan, ahli gizi tidak menyarankan ibu melakukan diet ketat demi kesehatannya dan bayinya.

KOMPAS.com - Pada bulan puasa, umat Muslim menahan lapar dan dahaga setidaknya sekitar 12 jam. Orang yang menjalankan puasa hanya dapat makan atau minum saat sahur dan berbuka puasa.

Meskipun pola makan berubah, perhatikan agar tetap terkontrol dengan baik.  

Bagaimana tips menjaga pola makan pada bulan puasa?

Dokter Ahli Gizi Dr dr Tan Shot Yen, M.Hum menjelaskan, sahur bisa diibaratkan sebagai sarapan yang terlalu pagi, sedangkan buka puasa menjadi makan siang yang terlambat.

Baca juga: Jangan Konsumsi Makanan seperti Ini Saat Sahur

Perlu diperhatikan, saat puasa tetap harus memperhatikan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh.

Minuman

Ilustrasi air putihYSedova Ilustrasi air putih
Bagi mereka yang berpuasa, disarankan untuk meminum sesuatu yang tidak memicu buang air kecil.

“Yang pasti minuman bukan yang bikin pipis jadi sering, teh dan kopi. Memang rasanya nyaman, hangat-hangat gitu, tapi keduanya diuretik,” ujar Tan kepada Kompas.com, Kamis (8/4/2021).

Untuk menjaga cairan agar tubuh tetap terhidrasi, kita membutuhkan delapan gelas per hari.

Saat berpuasa, banyaknya cairan yang harus masuk dalam tubuh dapat dibagi saat sahur, buka puasa, dan setelah maghrib.

Baca juga: 7 Manfaat Minum Air Putih, Apa Saja?

Makanan

Sementara, untuk asupan makanan, usahakan tidak terlalu banyak karbohidrat karena karbohidrat lebih cepat dicerna tubuh menjadi gula.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X