Apakah Semur Daging Aman Dikonsumsi Saat Buka Puasa?

Kompas.com - 13/04/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi semur daging sapi dengan saus tomat. SHUTTERSTOCK/LILIYA KANDRASHEVICHIlustrasi semur daging sapi dengan saus tomat.

KOMPAS.com - Semur daging adalah salah satu menu yang lezat bagi masyarakat Indonesia.

Sajiannya juga kerap menjadi salah satu alternatif menu berbuka puasa. Semur daging bisa disantap bersama nasi kuning nasi uduk, maupun nasi putih hangat.

Apakah semur daging aman dikonsumsi saat buka puasa?

Baca juga: Video Viral Mahasiswa Tetap Tenang meski Terjadi Gempa, Ini Ceritanya

Kebutuhan tubuh

Dokter spesialis gizi klinik Inge Permadhi mengatakan saat puasa sebenarnya seseorang hanya menghilangkan jatah makan satu kali, yaitu makan siang.

Sehingga dia menyarankan kepada pasien-pasiennya untuk memindahkan sebagian jatah makan siang ke sahur dan sebagian lagi ke buka puasa. Jadi jumlahnya tetap sama.

Sebelum menjawab mengenai semur daging, dia menjelaskan apa saja yang harus dikonsumsi tubuh.

"100 persen dari kebutuhan manusia dibagi menjadi 50-60 persen berupa karbohidrat, 15-20 persen protein, dan sisanya lemak," kata Inge pada Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Kebutuhan karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, bubur, kolak, dan lain-lain. Sedangkan protein bisa didapatkan dari ayam, ikan, daging.

Namun pada daging tidak hanya ada protein, tapi ada lemak nabati juga.

"Jadi sebenarnya jika kita mengonsumsi lemak kebutuhan dari protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh sudah dilengkapi," tuturnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X