Pedoman Shalat dan Umrah di Arab Saudi Selama Ramadhan 2021: Tarawih Maksimal 30 Menit

Kompas.com - 13/04/2021, 10:01 WIB
Suasana shalat tarawih yang digelar terbatas bagi petugas setempat di depan Kakbah, Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, pada hari pertama bulan suci Ramadhan di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Jumat (24/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, Ramadhan tahun ini berlangsung dengan suasana sepi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. ANTARA FOTO/REUTERS/GANOO ESSASuasana shalat tarawih yang digelar terbatas bagi petugas setempat di depan Kakbah, Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, pada hari pertama bulan suci Ramadhan di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Jumat (24/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, Ramadhan tahun ini berlangsung dengan suasana sepi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

 

KOMPAS.com - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi merilis pedoman dan protokol untuk pelaksanaan umrah dan izin shalat selama Ramadhan 2021.

Vaksinasi Covid-19 berada di urutan teratas daftar prioritas.

Sebab tak ada jemaah yang diizinkan masuk ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tanpa menerima setidaknya satu dosis vaksin virus corona.

Baca juga: Link Download Jadwal Imsakiyah Kemenag, Muhammadiyah, dan NU

Aturan ketat jemaah umrah

Mengutip Arab News, izin hanya akan dikeluarkan melalui aplikasi Tawakkalna dan Etamarna.

Kendaraan tidak resmi tidak akan diizinkan di kawasan pusat sekitar Kota Mekkah.

Jemaah juga harus datang ke masjid tepat waktu, jika tak ingin kehilangan slot waktu mereka.

Sementara anak-anak tidak akan diizinkan memasuki masjid atau halaman di sekitar masjid.

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengeluarkan peringatan bahwa denda 10.000 riyal atau sekitar Rp 39 juta akan diberikan kepada jemaah yang ingin melakukan umrah tanpa izin.

Bagi jamaah yang mencoba memasuki masjid tanpa izin, denda sebesar 1.000 riyal atau sekitar Rp 3,9 juta telah menanti mereka.

Tarawih hanya 30 menit

Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan dalam sebuah pernyataannya mengatakan, shalat tarawih tidak boleh melebihi 30 menit di semua masjid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X