Kompas.com - 10/04/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi Helikopter Ingenuity saat melakukan uji penerbangan di Mars. physIlustrasi Helikopter Ingenuity saat melakukan uji penerbangan di Mars.

KOMPAS.com - Helikopter Ingenuity Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan melakukan percobaan terbang pertamanya di Mars, Minggu (11/4/2021) pukul 12.30 waktu matahari Mars atau pukul 22:54 EDT (Eastern Daylight Time).

Ingenuity akan lepas landas dari kawah Jezero di Mars, melayang selama 30 detik di ketinggian 10 kaki atau 3 meter.

Spesialis kendali misi di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan berharap untuk menerima data pertama dari upaya penerbangan pertama itu keesokan paginya, Senin (12/4/2021), sekitar pukul 4:15 pagi waktu EDT.

NASA sendiri akan menyiarkan liputan langsung tim mereka saat menerima data penerbangan pertama dimulai pukul 3:30 waktu setempat melalui live streaming YouTube NASA, 12 April pukul 14:30.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: NASA Berencana Terbangkan Helikopter di Mars untuk Pertama Kalinya

Uji coba terbang

Uji coba penerbangan pertama ini dilakukan secara otonom dengan panduan, navigasi dan sistem kontrol oleh Ingenuity sendiri.

Hal ini karena sinyal radio membutuhkan waktu 15 menit 27 detik untuk menempuh jarak 173 juta mil atau 278 kilometer Bumi dan Mars.

"Mars sulit tak hanya saat mendarat, tetapi ketika kamu mencoba lepas landas dan terbang ke sekeliling. Gravitasi lebih kecil (dari bumi), dengan tekanan atmosfer kurang dari 1 persen atmosfer kita di permukaannya," kata Manajer Proyek Ingenuity, MiMi Aung, seperti dilansir dari Nasa.govJumat (9/4/2021).

Baca juga: NASA Rilis Foto-foto Terbaru Planet Mars Usai Pendaratan Perseverance

Tahapan terbang

Uji terbang pertama ini dimulai saat penjelajah Perserverance yang berfungsi sebagai stasiun pangkalan komunikasi untuk Ingenuity, menerima instruksi hari itu dari Bumi.

Perintah tersebut akan berpindah dari pengontrol misi di JPL melalui Deep Space Network NASA ke antena penerima di atas Perseverance. Rover akan mengirim perintah ke helikopter sekitar sejam kemudian.

Kemudian pada pukul 10:53 EDT, Ingenuity akan menjalani berbagai pemeriksaan pra-penerbangan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X