Kompas.com - 15/03/2021, 10:45 WIB
Suasana pengajian dan buka puasa bersama di Islandia. DOK. PRIBADI ASTI TYAS NURHIDAYATISuasana pengajian dan buka puasa bersama di Islandia.

KOMPAS.com - Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1442 H atau bulan Puasa 2021 jatuh pada Selasa Wage, 13 April 2021.

Hal tersebut disampaikan dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar menyampaikan, Ramadhan 1442 H yang akan dilewati nanti, tidak jauh berbeda dengan Ramadhan 1441 sebelumnya.

Baca juga: Sore Ini Sidang Isbat Idul Adha, Bagaimana Cara Menentukan Hilal?

Lantaran masih dalam masa pandemi, pihaknya mengimbau terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Atas dasar itulah, Majelis Tarjih PP Muhammadiyah mengemukakan beberapa tuntunan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, puasa Ramadhan tetap wajib dilakukan kecuali bagi yang sakit dan kondisi kekebalan tubuhnya tidak baik.

Baca juga: Berbuka Puasa dengan Gorengan, Amankah?

Orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, imbuhnya baik yang bergejala maupun tidak, termasuk dalam kelompok yang sakit ini.

"Mereka mendapat rukhsah meninggalkan puasa Ramadhan dan wajib menggantinya di hari yang lain sesuai tuntutan Al Quran kalau memang diperlukan mereka tidak berpuasa agar kondisi tubuh tetap fit," ujarnya sebagaimana dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Jumat (12/3/2021).

Kedua, untuk menjaga kekebalan tubuh, puasa Ramadhan dapat ditinggalkan oleh tenaga kesehatan yang sedang bertugas.

Baca juga: Berat Badan Naik Saat Puasa, Kenali Penyebabnya...

Penerapan protokol kesehatan

 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X