Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman dan Efektif Mengusir Hama Tikus dari Area Rumah

Kompas.com - 09/03/2021, 20:15 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Hama tikus memang menyebalkan. Tapi hati-hati jika ingin mengusir hama tikus. Jangan sampai binatang peliharaan yang jadi korban.

Selain doyan makan padi, tikus ternyata juga doyan makan tumbuhan yang ditanam di pekarangan rumah seperti cabai atau kaktus. Tikus akan mencacah bagian batang, daun, hingga buah cabai. 

Pada kaktus, tikus suka melahap buah kaktus yang masak atau menggerogoti batang kaktus yang tidak berduri seperti jenis Gymnocacilium

Selain merusak tanaman dan barang, tikus juga rawan menyebarkan penyakit. Di laman Halodoc, ada tiga penyakit yang ditularkan oleh si hama tikus ini.

Pertama adalah adalah pes. Disebut pula plague atau sampar, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis. Penyakit cukup mematikan ini menular melalui gigitan tikus atau kontak langsung dengan jaringan atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi penyakit ini.

Kedua adalah penyakit Hemorrhagic Fever with Renal Syndrome atau (HFRS). Gejalanya berupa demam yang diikuti perdarahan dan disertai dengan sindrom ginjal. Dalam keadaan buruk, pasien bisa mengalami syok hingga gagal ginjal.

Ketiga, adalah leptospirosis. Bakteri leptospira ditularkan melalui air kencing hewan yang sudah terinfeksi. Gejalanya bisa berupa mual, muntah, sakit kepala, nyeri otot hingga konjungtivitis.

Baca juga: Kearifan Lokal Petani Magetan, Pakai Burung Hantu untuk Basmi Hama Tikus

Lantas bagaimana caranya menjauhkan hama tikus dari area rumah?

Sebisa mungkin hindari penggunaan racun tikus karena berbahaya untuk hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Karena tikus yang mati akibat racun tikus, rawan diburu dan disantap oleh kucing.

Sebagai gantinya, gunakan bahan-bahan alami berikut ini :

1. Gunakan batang brotowali

Brotowali atau Tinospora cardifolia efektif digunakan mengusir tikus dan hama tanaman lain seperti serangga.

Caranya cukup mudah, rebus batang brotowali hingga air menyusut setengahnya. Lantas gunakan ekstrak dari brotowali ini untuk menyemprot area yang sering dilewati tikus.

2. Gunakan kulit jeruk

Pada intinya tikus tak mau mendekati benda-benda yang memiliki aroma kuat. Nah, Anda juga bisa memanfaatkan kulit buah jeruk yang memiliki aroma kuat untuk membersihkan hama tikus.

Tumbuk atau cacah kulit jeruk, kemudian campurkan dengan kapur barus yang juga sudah dihaluskan. Lantas letakkan campuran keduanya di sudut-sudut rumah.

Kulit jeruk untuk mengusir tikusPixabay/CongerDesign Kulit jeruk untuk mengusir tikus

 

3. Gunakan kulit jengkol

Selain tak menyukai brotowali dan aroma jeruk, tikus juga menghindari jengkol. Di wilayah hulu sungai Kalimantan Selatan, para petani menggunakan kulit jengkol untuk mengusir tikus.

Meski tidak berkhasiat membunuh, namun aroma dari jengkol mampu membuat tikus berlari menjauh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com