Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ragam Gula dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kompas.com - 09/03/2021, 15:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Gula adalah komponen utama yang harus ada di rak dapur. Tak hanya digunakan di dalam minuman, gula juga digunakan di dalam olahan sayur dan lauk sebagai penyeimbang rasa.

Di olahan bergaram, cukup tambahkan sejumput gula pasir. Fungsi gula menjadi semacam penyedap rasa di sini, layaknya MSG.

Gula sendiri ada beragam variannya. Indonesia yang kaya akan hasil buminya, memiliki hasil olahan gula yang diolah dari berbagai sumber alam. 

Tentu saja, gula memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Meski beberapa jenis gula bisa membahayakan tubuh lantaran menaikkan gula darah dalam waktu yang sangat cepat. Seperti gula rafinasi misalnya.

Baca juga: 5 Manfaat Gula, Bersihkan Noda pada Pakaian hingga Hilangkan Bau

Berikut ini adalah 7 jenis gula yang beredar di sekitar kita. Anda yang biasanya hanya mengenal gula pasir dan gula jawa, bisa menyimak yang satu ini.

1. Gula rafinasi

Gula rafinasi mirip gula pasir namun memiliki warna lebih putih. Ini adalah gula mentah, sukrosa yang disintesis dari tebu, yang tidak bisa dikonsumsi secara langsung layaknya gula pasir.

Gula rafinasi beredar terbatas, hanya dikhususkan untuk kebutuhan industri. Hal ini lantaran efek samping dari gula ini memang tak main-main.

Jika Anda mengonsumsi gula ini secara langsung, maka tubuh Anda akan membutuhkan asupan vitamin B kompleks, magnesium dan kalsium untuk mencerna gula ini. 

Jika Anda tak mengonsumsi vitamin B kompleks dan suplemen yang mengandung magnesium dan kalsium, maka gula rafinasi akan mencuri cadangan ketiganya di sistem saraf, tulang juga gigi. Efek jangka panjangnya, Anda akan terserang osteoporosis.

Seperti yang diberitakan Hellosehat, gula rafinasi juga bisa meningkatkan risiko diabetes. 

2. Gula pasir 

Gula konsumsi ini paling populer di antara jenis gula lainnya. Gula pasir biasa digunakan sebagai pemanis di minuman juga makanan.

Berwarna putih atau putih keruh, gula pasir dibuat dari olahan tebu yang direbus dan dihaluskan sehingga mirip kristal. 

Seperti dilansir laman Agrotani, gula pasir bermanfaat sebagai sumber energi, menaikkan tekanan darah, menjaga fungsi otak, mempercepat penyembuhan luka, hingga memperbaiki suasana hati. 

Di dunia kecantikan sendiri, butiran kasar dari gula pasir bisa digunakan untuk menghilangkan komedo dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

3. Gula merah atau gula jawa

Ilustrais gula aren dan gula jawa atau gula merah.Dok. Sajian Sedap Ilustrais gula aren dan gula jawa atau gula merah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com