Daftar Negara yang Konfirmasi Varian Baru Virus Corona B.1.1.7

Kompas.com - 07/03/2021, 06:05 WIB
Mutasi Virus Corona B.1.1.7 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMutasi Virus Corona B.1.1.7

KOMPAS.com - Virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 diketahui telah bermutasi dalam beberapa varian baru, salah satunya varian B.1.1.7.

Varian baru virus corona ini pertama kali terdeteksi di Inggris pada November 2020, dan telah menyebar ke berbagai negara.

Belakangan, varian B.1.1.7 juga telah dikonfirmasi terdeteksi di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, pada Selasa (2/3/2021), dalam sebuah pertemuan virtual yang disiarkan di YouTube Kemenristek/Brin.

Selain Indonesia dan Inggris, varian virus ini juga telah menyebar di berbagai negara lainnya.

Baca juga: 7 Gejala Terinfeksi Varian Baru Virus Corona B.1.1.7

Berikut puluhan negara yang telah melaporkan kasus varian baru virus corona B.1.1.7:

1. Amerika Serikat (AS)

Dilansir dari usatoday.com, 29 Desember 2020, kasus di AS tepatnya di Colorado terkonfirmasi pada Selasa, 29 Desember 2020.

Laboratorium negara bagian Colorado mengkonfirmasi kasus tersebut dan memberi tahu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Pasien dengan B.1.1.7 yang usia 20an ini diketahui tidak memiliki riwayat perjalanan dan tidak ada kontak dekat, tetapi otoritas AS segera melakukan penyelidikan.

Baca juga: Menilik Varian B117, Mutasi Virus Corona yang Diyakini Lebih Mudah Menular

2. Denmark

Dilansir dari The Washington Post, 10 Februari 2021, pihak berwenang Denmark mengatakan bahwa per 1 Februari 2021.

Mereka mencatat, orang yang terinfeksi dengan garis mutasi B.1.1.7 dapat menyebarkan dengan rata-rata 0,99 ke orang lainnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X