11 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Vaksinasi Gotong Royong

Kompas.com - 27/02/2021, 16:05 WIB
Pemain Timnas Indonesia Hanif Sjahbandi saat menerima suntikkan vaksin Covid-19 tahap pertama suntik vaksin untuk bidang olahraga di Istora Senayang Jakarta, Jumat (26/02/2020) siang. Dokumentasi KemenporaPemain Timnas Indonesia Hanif Sjahbandi saat menerima suntikkan vaksin Covid-19 tahap pertama suntik vaksin untuk bidang olahraga di Istora Senayang Jakarta, Jumat (26/02/2020) siang.

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi menerbitkan aturan vaksinasi Gotong Royong, yang berlaku mulai Rabu (24/2/2021).

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Dalam pasal 1 disebutkan, vaksinasi Gotong Royong merupakan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha.

Baca juga: Pemerintah Gratiskan Vaksin Covid-19, Mengapa Diberikan Lewat Suntikan?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menekankan bahwa penerima vaksinasi Gotong Royong tidak akan dipungut biaya apa pun.

"Seluruh penerima vaksin gotong-royong tidak akan dipungut biaya apa pun atau dalam hal ini tidak perlu ada pembayaran dan diberikan secara gratis oleh perusahaan yang melakukan vaksinasi gotong-royong," kata Nadia melalui konferensi pers virtual, Jumat (27/2/2021).

Program ini dijalankan oleh pihak swasta dengan harapan dapat mempercepat program vaksinasi dan terbentuknya kekebalan kelompok.

Baca juga: Berikut Kelompok yang Tidak Boleh Disuntik Vaksin Covid-19

Baca juga: Kondisi Kesehatan yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Covid-19

Terdapat 11 hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong. Apa saja?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X