Gempa Halmahera Selatan Rusak RSUD, Kantor DPRD, Juga 60 Rumah Warga

Kompas.com - 27/02/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERINIlustrasi Gempa Bumi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik M 5,2 dirasakan oleh warga di Desa Labuha, Kecamatan Bacan, Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada Jumat (26/2/2021) petang. 

Meski tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa, guncangan gempa bermagnitudo 5,2 yang dirasakan selama 2-3 detik itu menimbulkan sejumlah kerusakan.

Baca juga: Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Berdasarkan keterangan resmi dari Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, Sabtu (27/2/2021) setidaknya terdapat 60 unit rumah yang mengalami kerusakan.

Selain itu, gempa bumi juga merusak bangungan gedung DPRD Halmahera Selatan, RSUD Labuha, 1 unit rusunawa, kantor Pengadilan Agama, bangunan kompi D TNI, dan bangunan Dinas Perkim.

Semua kerusakan yang terjadi tergolong kategori rusak ringan (RR).

"Menurut informasi sementara, beberapa para pasien RSUD Labuha telah diungsikan ke tempat yang lebih aman," ucap Radity.

"Adapun personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Selatan juga telah mendirikan tenda darurat untuk tempat pengungsian sementara bagi para pasien," lanjutnya. 

Baca juga: Berkaca dari Gempa di Rangkasbitung dan Jepara, Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X