Stephen Hawking Meramal Kiamat

Kompas.com - 24/02/2021, 12:12 WIB
Fisikawan Sthepen Hawking SHUTTERSTOCKFisikawan Sthepen Hawking

Menurut pendapat saya yang tentu saja subyektif, ilmuwan paling popular sejak belahan akhir abad XX sampai dengan saat naskah ini ditulis adalah penulis buku supra laris The Brief History of Time yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Ilmuwan hiper popular itu adalah Stephen Hawking.

Survival

Pada tahun 2006, Stephen Hawking memposting sebuah pertanyaan terbuka di internet kepada segenap umat manusia di planet bumi:

“Di dunia yang secara politis, sosial dan lingkungan hidup sedemikian kacau-balau, bagaimana umat manusia mampu bertahan selama 100 tahun lagi?”

Pertanyaan itu disusul pernyataan. 

“Saya tidak tahu jawabannya. Maka saya mempertanyakannya agar umat manusia berpikir tentangnya dan waspada terhadap marabahaya mahaprahara yang dihadapi bersama”.

Hawking mengungkapkan kekhawatiran tentang kelestarian kehidupan di planet bumi atas ancamanan malapetaka akibat perang nuklir, pagebluk virus jenis baru yang belum ada vaksinnya, pemanasan global serta marabahaya lain yang belum terbayangkan oleh manusia.

Misalnya mahaprahara asteroid collision akan sempurna menghancur-leburkan planet bumi yang hanya bisa menyelamatkan umat manusia apabila manusia sudah berhasil membangun koloni baru di planet lainnya di galaksi Bima Sakti.

Sains

Di samping atheis, Stephen Hawking sempat sesumbar mirip Nietzche pada Muktamar Google’s Zeitgeist 2011 bahwa “filosofi sudah mati”.

Hawking menuduh para filosofer mustahil berhasil mengejar ketertinggalan terhadap perkembangan sains maka diyakini bahwa para saintis menjadi pembawa obor perjuangan manusia mengejar ilmu pengetahuan.

Hawking bersabda bahwa segenap problematika filosofikal pasti dapat terjawab oleh sains terutama teori-teori saintifik yang akan membawa umat manusia ke gambaran alam semesta dan tempat manusia baru yang sama sekali baru dan sama sekali beda gambaran yang masa kini kita miliki.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X