Hari Ini dalam Sejarah: Kelab Malam di AS Terbakar karena Kembang Api, 100 Orang Tewas

Kompas.com - 20/02/2021, 08:45 WIB
Tangkapan layar dari foto Boston Globe terkait kebakaran kelab malam yang menelan hingga 100 koran jiwa screenshootTangkapan layar dari foto Boston Globe terkait kebakaran kelab malam yang menelan hingga 100 koran jiwa

KOMPAS.com - Hari ini 18 tahun yang lalu, tepatnya 20 Februari 2003, sebuah kelab malam The Station yang ada di Kota West Warmick, Pulau Rhode, New England, AS terbakar.

Dilaporkan sedikitnya ada 100 orang yang meninggal dan lebih dari 200 yang lainnya mengalami luka-luka.

Dikutip dari History, peristiwa ini tercatat sebagai kebakaran paling mematikan di AS setelah sebelumnya kejadian serupa terjadi di negara bagian Kentucky pada tahun 1977 dan menewaskan 165 orang.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kebakaran Kereta Bawah Tanah di Korsel, 198 Orang Meninggal

Penyebab kebakaran

Mengutip AP News, (20/2/2019) penyebab kebakaran diduga berasal dari kembang api yang dinyalakan sebagai bentuk sambutan kepada band yang akan tampil saat itu yaitu Great White.

Naas, percikan kembang api itu ternyata mengenai busa peredam suara yang ada di dinding klub tersebut.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa dan Tsunami Terjang Irian Jaya, 108 Orang Meninggal

Api pun dengan cepat menjalar dan membesar menjangkau sepenjuru klub malam yang dipadati pengunjung itu.

Disebutkan, ada sekitar 400 orang pengunjung yang memadati kelab di malam itu saat kejadian.

Mereka berebut untuk menuju ke pintu keluar di tengah situasi panik dan akses yang terbatas.

Akhirnya, banyak di antara pengunjung yang terjebak dan tewas. Kebanyakan ditemukan menumpuk di sekitar pintu keluar tersebut. Jika pun ada yang selamat, mereka mengalami luka bakar yang parah.

Lokasi kelab malam ini sekarang telah diubah menjadi monumen peringatan akan kejadian kebakaran maut yang terjadi di 2003 itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X