Studi: Penderita Demensia Dua Kali Lebih Berisiko Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 11/02/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi pikun, demensia SHUTTERSTOCK/fizkesIlustrasi pikun, demensia

KOMPAS.com - Pasien dengan demensia berisiko lebih tinggi terinfeksi virus corona Covid-19 dan lebih cenderung memiliki hasil yang lebih buruk.

Melansir Forbes, Selasa (9/2/2021), hal itu berdasarkan studi yang dipimpin oleh peneliti di Case Western Reserve University.

Para peneliti meninjau catatan kesehatan elektronik dari 61,9 juta orang dewasa di Amerika Serikat dan menemukan bahwa penderita demensia memiliki risiko tertular Covid-19 dua kali lebih tinggi dibanding dengan populasi umum.

Risikonya bahkan lebih besar lagi untuk orang Afrika-Amerika dengan demensia, yang ditemukan hampir tiga kali lebih mungkin untuk terinfeksi Covid-19.

Kondisinya bisa memburuk

Temuan lainnya adalah bahwa para pasien demensia yang tertular virus ini memiliki hasil yang jauh lebih buruk dalam hal perawatan dan kematian daripada mereka yang tertular Covid-19 tetapi tidak menderita demensia.

Sebanyak lebih dari 20 persen pasien dengan demensia meninggal ketika mereka tertular virus dibandingkan dengan lebih dari 5 persen orang tanpa demensia.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Alzheimer's & Dementia: The Journal of Alzheimer's Association itu juga menemukan bahwa jenis demensia tertentu memiliki risiko lebih besar daripada yang lain.

Misalnya, pasien dengan demensia vaskular memiliki risiko tertinggi (dengan kemungkinan lebih dari tiga kali lebih tinggi) diikuti oleh pasien dengan demensia presenile, senile dementia, penyakit Alzheimer, dan demensia pasca trauma.

Risiko dirawat dan meninggal

Melansir Daily Mail, (9/2/2021), orang dengan demensia lebih berisiko 2,6 kali dirawat di rumah sakit karena Covid-19 dan 4,4 kali lebih mungkin meninggal karenanya daripada selain penderita demensia.

Demensia menggandakan risiko tertular virus corona dan kombinasi demensia serta faktor lain seperti tinggal di panti jompo melipatgandakan risikonya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X