WNA yang Tinggal di Malaysia Bisa Dapat Vaksin Covid-19 Gratis, Ini Alasannya

Kompas.com - 11/02/2021, 13:27 WIB
Jemaah shalat Jumat di Masjid Nasional Kuala Lumpur, Malaysia, 13 Maret 2020. Terlihat seorang pria memakai masker di tengah merebaknya virus corona di Malaysia. FAZRY ISMAIL/EPA-EFEJemaah shalat Jumat di Masjid Nasional Kuala Lumpur, Malaysia, 13 Maret 2020. Terlihat seorang pria memakai masker di tengah merebaknya virus corona di Malaysia.

KOMPAS.com - Tidak hanya penduduk setempat, warga negara asing yang tinggal di Malaysia dilaporkan juga akan menerima vaksin Covid-19 secara gratis.

Dilansir dari CNA, Kamis (11/2/2021), hal itu akan dilakukan ketika Pemerintah Malaysia meluncurkan program imunisasi pada akhir Februari ini.

Dalam sebuah pernyataan media, Komite Jaminan Akses Pasokan Vaksin Covid-19 Malaysia menekankan bahwa warga Malaysia akan diprioritaskan untuk menerima dosis vaksinasi.

Akan tetapi, kemudian dikeluarkan keputusan untuk memasukkan orang asing yang juga dapat menerima vaksin, sebagai salah satu kunci keberhasilan vaksinasi.

Baca juga: Diduga di Malaysia, Apakah Indonesia Bisa Menghukum Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya?

Pekerja asing

Perdana Menteri Muhyiddin Yassin sebelumnya telah mengumumkan pada November 2020 bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada warga Malaysia.

Seraya menambahkan, pemerintah Malaysia tidak berencana mewajibkan vaksinasi.

Kabinet juga menyetujui keputusan tersebut setelah mempertimbangkan faktor-faktor seperti bagaimana pekerja asing menyumbang sebagian besar kasus klaster Covid-19 di Negeri Jiran.

Pernyataan tersebut menggarisbawahi bahwa infeksi akibat klaster pekerja asing memiliki "biaya tinggi" karena prosedur perawatan dan karantina.

Baca juga: Studi di Israel Ini Klaim Vaksin Covid-19 Turunkan Risiko Penularan Virus Corona

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X