Berbulan-bulan Nol Kasus, Selandia Baru Laporkan Kasus Baru Covid-19

Kompas.com - 24/01/2021, 20:28 WIB
Ilustrasi virus corona di Selandia Baru. ShutterstockIlustrasi virus corona di Selandia Baru.

KOMPAS.com - Selandia Baru melaporkan kasus baru Covid-19 yang terjadi di masyarakat atau di luar area karantina, setelah lebih dari dua bulan tidakmelaporkan kasus.

Melansir The Sydney Morning Herald, Minggu (24/1/2021), hal itu disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan, Ashley Bloomfield.

Selama ini, Selandia Baru dianggap berhasil menurunkan kurva pandemi dan menjaganya tetap landai hingga hari ini.

Berdasarkan data Worldometers, Minggu, Selandia Baru berada di peringkat ke 167 dari 221 negara, dilihat dari total kasus terkonfirmasi yang ada.

Baru kembali dari Eropa

Kasus infeksi ini terjadi pada seorang perempuan berusia 56  tahun yang baru saja kembali dari Eropa, yakni Belanda dan Spanyol.

Menurut Bloomfield, perempuan ini sudah menjalani masa karantina 14 hari sekembalinya dari Eropa dan menjalani 2 kali tes PCR dengan hasil negatif, sebelum akhirnya diizinkan pulang ke rumahnya pada 13 Januari 2021.

Perempuan itu mulai merasakan gejala berupa nyeri otot dan mual yang semakin menjadi pada 15 Januari 2021.

Ia pun menjalani tes Covid-19 untuk memastikan kondisinya.

Baca juga: Selandia Baru Akan Gratiskan Vaksin Covid-19 bagi Warga dan Negara Sekitarnya

Hasil tes itu baru diserahkan pada Sabtu (23/1/2021) malam dengan hasil yang menunjukkan dirinya positif.

Sepulangnya dari lokasi karantina, perempuan ini sudah mendatangi 30 tempat berbeda, sehingga belum diketahui dari mana ia mendapatkan virus ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X