BNPB: Ada 197 Bencana pada 1-23 Januari 2021

Kompas.com - 24/01/2021, 17:56 WIB
Ilustrasi bencana alam BodnarchukIlustrasi bencana alam

KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mencatat, sepanjang 1-23 Januari 2021, telah terjadi 197 bencana di Indonesia.

Data ini dihimpun hingga Sabtu (23/1/2021) pukul 15.00 WIB dan data dalam bentuk infografis diunggah di akun Twitter BNPB, @BNPB_Indonesia, pada hari yang sama.

Dalam infografis itu terdapat peta yang menjelaskan sebaran bencana per provinsi yang terjadi di Indonesia.

Jika dilihat dari kuantitas kejadian bencana, Jawa Timur menjadi provinsi dengan total kejadian bencana terbanyak sejauh ini, yakni mencapai 32 bencana dalam kurun waktu 23 hari.

Selanjutnya, Jawa Tengah dengan 31 kejadian, dan Nanggroe Aceh Darussalam dengan 26 kejadian.

Akibat kejadian-kejadian bencana yang terjadi, BNPB mencatat, ada 184 orang meninggal dunia, 9 orang hilang, 1.907.543 jiwa mengungsi, dan 2.777 lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga: INFOGRAFIK: Perbedaan Puting Beliung dan Waterspout

Sementara itu, untuk dampak kerusakan, terdapat 1.902 rumah rusak dengan tingak ringan, sedang, hingga berat.

Selain itu, 54 fasilitas umum juga dilaporkan mengalami kerusakan, meliputi fasilitas pendidikan, peribadatan, dan kesehatan.

Catatan BNPB juga menyebutkan, ada 4 bangunan kantor dan 25 jembatan yang mengalami kerusakan.

Jika dilihat dari ragam bencana, ada beragam jenis bencana yang terjadi, mulai dari gempa bumi, banjir, tanah longsor, puting beliung, hingga gelombang pasang dan abrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X