[HOAKS] Pemadaman Listrik pada 31 Desember 2020 Mulai Jam 6 Sore di Jepara

Kompas.com - 31/12/2020, 17:40 WIB
Pemkab Jepara menyatakan informasi pemadaman listrik pada 31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 tidak benar. InstagramPemkab Jepara menyatakan informasi pemadaman listrik pada 31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 tidak benar.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Di media sosial beredar informasi pemadaman listrik total pada 31 Desember 2020 sejak jam 6 sore hingga 1 Januari 2021.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara Jawa Tengah menegaskan, informasi itu tidak benar.

"Beredar di media sosial terkait pemadaman total pada malam tahun baru 2021. Informasi tersebut hoaks atau tidak benar ya, kangmas mbakyu," tulis akun resmi Pemkab Jepara di Twitter, Kamis (31/12/2020.

Akun tersebut mengunggah tangkapan layar berisi informasi bahwa mulai 31 Desember 2020 jam 6 sore hingga 1 Januari 2021 akan dilakukan mati lampu total.

Tindakan itu dilakukan karena bupati tidak menyetujui adanya hiburan atau kegiatan ramai.

Informasi itu juga menyebut bahwa tahun baru ini tidak seperti tahun baru sebelumnya karena tahun ini tengah dilanda pandemi Covid-19.

Menanggapi informasi itu, Plt. Kepala Diskominfo Jepara Sujarto mengatakan bahwa informasi itu hoaks atau tidak benar.

"Tidak ada kebijakan pemadaman total atau masalah kelistrikan pada malam tahun baru 2021. Diimbau kepada masyarakat selalu terapkan 4M (yaitu) memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," tulis akun Pemkab Jepara.

Bantahan dari Pemkab Jepara ini juga diedarkan di akun Facebook jepara.go.id dan akun Instagram Pemerintah Kabupaten Jepara.

Dikutip dari situs web Pemkab Jepara, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jepara untuk tidak melakukan aktivitas keramaian. Masyarakat diharapkan tetap berada di rumah.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X