Letjen TNI Herindra Didapuk Jadi Wamenhan, Ini Tanda Jasa dan Brevet yang Pernah Diraih

Kompas.com - 23/12/2020, 13:35 WIB
Pangdam III Siliwangi Mayjen Muhammad Herindra saat berpidato dalam kegiata KKR Natal 2016 di Sabuga,  Jalan Tamansari,  Bandung, Jumat (23/12/2016).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Kontributor Bandung, Dendi RamdhaniPangdam III Siliwangi Mayjen Muhammad Herindra saat berpidato dalam kegiata KKR Natal 2016 di Sabuga, Jalan Tamansari, Bandung, Jumat (23/12/2016).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menunjuk sejumlah wakil menteri. Pelantikan dilakukan Rabu ini (23/12/2020), bersamaan dengan enam menteri yang baru ditunjuk kemarin.

Salah satu yang ikut dilantik ialah Letjen TNI Muhammad Herindra. Ia dipercaya mendampingi Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

"Wakil Menhan Pak Herindra," kata kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dikutip Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Herindra akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Sakti Wahyu Trenggono.

Baca juga: Menkes Baru Bukan dari Ahli Kesehatan, Epidemiolog: PR-nya Besar, Akan Semakin Berat

 

Sebagaimana diketahui, Trenggono telah ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.

Pelantikan wakil menteri digelar pada Rabu (23/12/2020) pagi di Istana Negara, Jakarta.

Lantas, siapa Letjen TNI Muhammad Herindra ini?

Lebih banyak berkarier di Kopassus

Mayor Jenderal M Herindra.KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Mayor Jenderal M Herindra.

Sebelum dilantik sebagai Wamenhan, Muhammad Herindra merupakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Pria kelahiran Magelang 30 November 1964 ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 atau satu angkatan dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.

Herindra merupakan lulusan terbaik, sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa yang berpengalaman dalam bidang infanteri sekaligus meraih Tri Sakti Wiratama.

Masa jabatan Herindra sebagai Kasum TNI hanya beberapa bulan saja, yakni sejak 21 Oktober 2020 dan 23 Desember ini dilantik sebagai Wamenhan untuk mendampingi Menhan Prabowo Subianto.

Seperti dikutip dari Antara, karier militer Herindra lebih banyak dihabiskan di Korps "Baret Merah" atau Kopassus.

Di pasukan elite TNI Angkatan Darat itu, Herindra pernah menduduki jabatan Komandan Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor)-81 yang merupakan unit untuk memberantas terorisme.

Baca juga: Profil Dante Saksono Harbuwono yang Ditunjuk Jokowi jadi Wakil Menteri Kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X