Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Jejak Pahala Nugraha Mansury, Wakil Menteri BUMN Mantan Bos BTN

Kompas.com - 23/12/2020, 11:31 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri barunya pada Rabu (23/12/2020) di Istana Merdeka, Jakarta.

Nama wakil menteri yang dilantik Jokowi yaitu Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan; Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM; Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan; Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian, dan Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

"Kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, Rabu (23/12/2020), dilansir Kompas.com.

Baca juga: Jokowi Angkat Pahala Nugraha Mansyuri Jadi Wakil Menteri BUMN

Salah satu nama yang dilantik sebagai wakil menteri adalah bos Bank Tabungan Negara. Dia adalah Pahala Nugraha Mansury yang menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pahala menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang naik jabatannya menjadi Menteri Kesehatan.

Dirut BTN

Melansir Kompas.com, (25/11/2019), Pahala Nugraha Mansury sebelumnya dilantik sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk pada 22 November 2019.

Pria kelahiran tahun 1971 tersebut merupakan alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Kemudian dia meraih gelar MBA Finance dari Stern School of Business, New York University.

Dia mengawali karirnya sebagai konsultan manajemen di Andersen Consulting hingga 1997. Setelah itu pada 1998 dia bekerja paruh waktu di salah satu sekuritas di New York.

Kemudian dia bekerja sebagai senior consultant di Booz Allen Hamilton serta sebagai Project Leader di Boston Consulting Group hingga tahun 2003. Pahala juga pernah meraih kualifikasi sebagai CFA Charterholder dari CFA Institute.

Pada 2003 dia memulai karir di Indonesia, bergabung dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Group Head Corporate Development hingga tahun 2006.

Baca juga: Jokowi Lantik 5 Wakil Menteri Baru, Ini Nama-namanya

Melansir laman Bloomberg yang diakses pada Rabu (23/12/2020), dia bekerja di Bank Mandiri hingga 2019 dengan berbagai jabatan.

Setelah menjadi Group Head Corporate Development, dia menjadi Executive Vice President Coordinator Finance and Chief Financial Officer hingga 2010.

Kemudian menjadi Managing Director dan Chief Financial Officer selama setahun, yaitu September 2011-2012.

Masih di Bank Mandiri, dia melanjutkan karirnya menjadi Managing Director Finance & Strategy pada 2010 hingga 2016.

Garuda Indonesia

Setelah itu dia menjadi Director of Treasury & Finance Bank Mandiri mulai Januari 2016 sampai Desember 2019.

Namun Pahala juga diangkat menjadi President Director PT Garuda Indonesia Tbk pada April 2017 sampai September 2018.

Baca juga: Aturan Perjalanan Terbaru: Penumpang Pesawat Dilarang Makan dan Minum, Ini Alasannya?

Pahala kemudian menjabat Finance Director Pertamina Persero pada September 2018 hingga November 2019.

Terakhir dia menjadi President Director atau Direktur Utama BTN sejak September 2019 hingga dia terpilih menjadi wakil menteri.

(Sumber: Kompas.com/Rosiana Haryanti | Editor: Hilda B Alexander)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com