[HOAKS] Syarat dan Link Kuota Internet Gratis dari Pemerintah

Kompas.com - 07/12/2020, 08:56 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi syarat dan link untuk mendapat program internet gratis dari pemerintah bekerja sama dengan operator telekomunikasi.

Informasi yang tersebar di media sosial dan WhatsApp itu menyediakan tautan (link) ke sebuah situs web. Di laman itu, pengguna diminta menjawab tiga pertanyaan dan menyebarkan tautan situs ke teman-teman di aplikasi WhatsApp.

Informasi tersebut hoaks.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan tautan tersebut bukan dikeluarkan pihaknya.

Kemenkominfo juga tidak memiliki program internet gratis dengan cara seperti itu.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun Facebook mengedarkan informasi cara dan link untuk mendapatkan program internet gratis dari pemerintah. Salah satu akun penyebar yakni akun Jual Beli Motor Seken.

Pada 5 November 2020 dia melayangkan informasi tersebut dan membagikan tautan dengan alamat situs web yang memuat kata "internet gratis pemerintah go.id." Berikut isi lengkap statusnya:

"*Program Internet Gratis Pemerintah*.
Ini syarat program Internet Gratis dari Pemerintah, Penuhi Sejumlah Syarat Berikut.
Baca Selengkapnya Di
https://www.internet.gratis.pemerintah.go.id.pusat.sistem..."

Status Facebook hoaks mengenai cara dan link mendapat kuota internet gratis dari pemerintah.Facebook Status Facebook hoaks mengenai cara dan link mendapat kuota internet gratis dari pemerintah.

Akun Jual Beli Motor Seken terlacak telah membagikan informasi cara dan link tersebut ke setidaknya empat grup Facebook pada hari yang sama, yakni 5 November 2020. Dapat dilihat di sini, sini, sini, dan sini

Ketika tautan tersebut dibuka, muncul laman berisi lambang Kementerian Komunikasi dan Informatika. Juga disertai 18 merek paket telekomunikasi dan operator telekomunikasi, seperti Telkomsel, Mentari, dan Esia.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X