Cek Fakta Sepekan: Narasi Keliru soal Vaksin Virus Corona dan Pandemi Covid-19

Kompas.com - 06/12/2020, 17:45 WIB
Ilustrasi hoaks. ThinkstockIlustrasi hoaks.

KOMPAS.com - Di tengah kemunculan berita menggembirakan soal vaksin Covid-19, beredar pula narasi di media sosial yang mempertanyakan efek samping vaksin. 

Tidak kalah nyaring bunyinya, muncul juga narasi yang mempertanyakan kenyataan Covid-19 berikut protokol kesehatan yang diterapkan semua negara di dunia saat ini. Narasi-narasi ini berlangsung sejak pandemi Covid-19 baru terjadi hingga hari ini.

Sepanjang pekan ini, didapati bahwa narasi keliru soal vaksin dan pandemi Covid-19 didengungkan penelitian akademis dan orang yang mengaku ahli patologi.

Berikut rangkuman lima informasi keliru yang beredar sepanjang pekan ini. Informasi-informasi keliru tersebut sudah dibongkar tim Cek Fakta Kompas.com.

[HOAKS] Narasi Covid-19 dari Ahli Patologi Roger Hodkinson

Kembali beredar di media sosial narasi yang mempertanyakan kenyataan pandemi Covid-19. Ahli patologi Dr. Roger Hodkinson mengklaim bahwa Covid-19 adalah tipuan terbesar yang menimpa publik yang tidak mencurigainya. 

Ia menyebut bahwa Covid-19 tidak lebih dari musim flu yang buruk dan sejumlah klaim termasuk protokol kesehatan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seluruh klaimnya terbantahkan oleh penelitian ilmiah, organisasi kesehatan, dan pakar kesehatan.

Untuk mengetahui informasi utuh soal ini silakan simak artikel ini

[HOAKS] Narasi Covid-19 dari Ahli Patologi Roger Hodkinson 

[HOAKS] Informasi Singkatan Covid-19 dan Implan Barcode

Beredar informasi di media sosial mengenai akronim dari Covid-19. Covid-19 disebut merupakan kependekan dari Certification of Vaccination Identification 2019.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X