Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Layar di Atas Mesin ATM Tampilkan Transaksi, Ini Penjelasan BCA

Kompas.com - 02/12/2020, 19:27 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan adanya seorang perempuan tengah melakukan transaksi melalui mesin ATM BCA berlayar besar, viral di media sosial pada Rabu, (2/12/2020).

Tampak dalam video berdurasi 25 detik itu, layar besar tersebut menampilkan apa saja transaksi yang sedang dilakukan nasabah. 

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter bernama Affi Assegaf.

"Masa tadi ke ATM trus layarnya malah pindah ke atas jadi seisi Indomaret bisa liat kita transaksi apa aja," tulis Affi dalam twitnya.

Baca juga: Ini Cara Cek Saldo BRI, BCA, Mandiri hingga BNI lewat Mobile Banking

Dalam twit tersebut, Affi menyebutkan bahwa kejadian dari rekaman video itu terjadi pada Selasa, (1/12/2020) sekitar pukul 14.30 WIb di Alfamidi RM Harsono, dekat Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan.

Hingga kini, video itu telah ditonton sebanyak lebih dari 94.900 kali dan disukai sebanyak lebih dari 1.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lantas, bagaimana penjelasan pihak BCA?

Penjelasan BCA

Menanggapi kejadian itu, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn membenarkan bahwa mesin ATM tersebut milik BCA dan berlokasi di Jakarta Selatan.

"Betul (di dekat Kebun Binatan Ragunan, Jakarta Selatan)," ujar Hera saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Terkait kejadian tersebut, pihaknya juga meminta maaf kepada semua pihak atas ketidaknyamanan adanya mesin ATM milik BCA dengan layar besar yang menempel pada mesin tersebut.

Baca juga: BCA Buka 4 Posisi Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Berminat?

"Sehubungan dengan informasi di sosial media Twitter mengenai tampilan layar ATM yang ada di atas mesin ATM, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," ujar Hera.

Ia menjelaskan, adanya layar besar pada mesin ATM ini merupakan permasalahan teknis.

Dilakukan perbaikan

Mengetahui hal itu, pihak BCA langsung melakukan pengecekan ke lokasi dan mematikan sementara mesin ATM tersebut.

Kemudian, pihak BCA juga melakukan perbaikan terhadap mesin ATM itu.

"Sejak pagi ini, (2/12/2020), mesin ATM tersebut sudah kembali normal dan dapat digunakan kembali untuk melakukan transaksi finansial nasabah," lanjut dia.

Hera menambahkan, BCA senantiasa melakukan preventive maintenance secara rutin di 17.415 ATM yang tersebar di wilayah Indonesia.

Terkait adanya laporan mesin ATM berlayar besar ini, ia juga mengapresiasi inisiatif nasabah yang melakukan pelaporan sehingga kami dapat menindaklanjutinya.

Baca juga: BNI Buka Lowongan Kerja untuk 7 Posisi, Simak Informasi Lengkapnya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com