Mata Mudah Lelah Saat Menatap Layar, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 02/12/2020, 16:05 WIB
ilustrasi mata lelah shutterstockilustrasi mata lelah

KOMPAS.com - Hampir satu tahun pandemi virus corona Covid-19 terjadi di dunia sejak kasus pertama di Kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019.

Dampaknya, sejumlah kegiatan seperti bersekolah dan bekerja dilakukan di rumah, untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dilansir dari BBC, (23/4/2020), sejak pandemi Covid-19 melanda, masyarakat melakukan pertemuan melalui videocall lebih banyak dari sebelumnya.

Kondisi tersebut apabila dilakukan dalam jangka waktu lama tentu akan menimbulkan kelelahan. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mata Lelah

Penyebab kelelahan

Seorang profesor di Insead Perancis, Gianpiero Petriglieri dan profesor di Clemson University, Marssia Shuffler menganalisis apa yang menjadi penyebab orang-orang merasa lelah saat melakukan pertemuan video berbasis online ini.

Petriglieri mengatakan, melakukan panggilan video membutuhkan lebih banyak fokus daripada obrolan tatap muka.

Artinya, seseorang perlu bekerja keras untuk memproses isyarat non-verbal seperti ekspresi wajah, nada, dan intonasi suara, serta bahasa tubuh.

"Pikiran kita bersatu, namun ketika tubuh kita merasa, sebetulnya tidak. Disonansi itu yang menyebabkan orang memiliki perasaan yang saling bertentangan, dan melelahkan. Anda tidak bisa santai dalam percakapan secara alami," ujar Petriglieri.

Fokus

Selain itu, keheningan merupakan tantangan lain.

Menurut dia, keheningan menciptakan ritme alami dalam percakapan kehidupan nyata. Namun, saat itu terjadi dalam videocall, seseorang menjadi cemas mengenai tekonologi yang dimilikinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X