RS Rujukan Covid-19 di Yogyakarta Nyaris Penuh

Kompas.com - 27/11/2020, 11:06 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Sebuah twit yang menceritakan sulitnya mencari kamar rumah sakit untuk pasien kritis Covid-19 di DI Yogyakarta menjadi viral dan diperbincangkan warganet.

Twit tersebut ditulis akun @asaibrahim pada Kamis (26/11/2020) pukul 21.40 WIB.

Dalam twit tersebut, akun @asaibrahim turut menyertakan foto tangkapan layar dari akun Instagram adiel_christian yang menyebut kamar kritis di salah satu RS rujukan Covid-19 di DIY sudah penuh.

Akun @asaibrahim pun mengajak masyarakat DIY untuk tetap waspada karena pandemi virus corona masih berlangsung, dan mengingatkan masyarakat bahwa kapasitas tempat tidur RS rujukan Covid-19 yang ada di DIY terbatas.

Baca juga: Muncul Kasus Covid-19 dari 2 Sekolah di Yogyakarta, Puluhan Orang Tes Swab

Hingga Jumat (27/11/2020) pukul 08.43 WIB, twit dari @asaibrahim telah mendapat lebih dari seribu likes, dan lebih dari 722 re-twit.

Kapasitas tempat tidur RS rujukan menipis

Kapasitas tempat tidur di RS rujukan Covid-19 di Yogyakarta memang menipis. Berdasarkan data Pemprov DIY per Kamis (26/11/2020), tempat tidur untuk pasien kritis virus corona hanya tinggal 7 unit.

Kabag Humas Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji menjelaskan, di Yogyakarta terdapat 49 tempat tidur untuk pasien kritis Covi-19, namun sebanyak 42 unit telah terisi.

Baca juga: Setelah Libur Panjang, Penularan Covid-19 di Yogyakarta Meningkat 3 Kali Lipat

Sedangkan, untuk tempat tidur pasien Covid-19 non-kritis tinggal tersedia 44 unit, dari total 404 tempat tidur yang ada. Artinya, sebanyak 360 tempat tidur sudah terisi.

Untuk mengatasi kapasitas tersebut, Ditya mengatakan Dinas Kesehatan DIY sedang berupaya menyiapkan lokasi untuk penambahan tempat tidur untuk pasien Covid-19, sekaligus alat dan petugasnya.

"Sedang disiapkan lokasi untuk penambahan bed (TT), sekaligus alat dan petugasnya. Saat ini Dinkes DIY sedang melakukan koordinasi, baik dengan Dinkes Kab/Kota maupun Kementerian Kesehatan," kata Ditya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Penggunaan Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 DIYDok. Humas DIY Penggunaan Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 DIY

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X