Rusia Tawari AstraZeneca Uji Coba Vaksin Covid-19 Gabungan

Kompas.com - 27/11/2020, 09:35 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/solarsevenIlustrasi vaksin Covid-19
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Pengembang vaksin virus corona asal Rusia menawari pengembang vaksin asal Inggris, AstraZeneca, untuk melakukan uji coba gabungan.

Uji coba tersebut yakni memadukan suntikan vaksin eksperimental Sputnik V dengan vaksin yang dibuat AstraZeneca bersama University of Oxford.

"Jika mereka melakukan uji klinis baru, kami menyarankan untuk mencoba rejimen menggabungkan suntikan dengan suntikan vektor adenoviral manusia #SputnikV untuk meningkatkan kemanjuran," tulis pengembang vaksin Rusia di akun Twitternya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (27/11/2020).

"Menggabungkan vaksin mungkin terbukti penting untuk vaksinasi ulang," lanjutnya.

Sebelumnya, Rusia telah mengklaim vaksin Sputnik V efektif 92 persen untuk melindungi orang dari Covid-19.

Baca juga: Amerika Latin Hadapi Tantangan Distribusi Vaksin Covid-19, Kenapa?

Sementara itu, AstraZeneca mengungkapkan vaksin yang dikembangkannya rata-rata menghasilkan keefektifan sebesar 70 persen.

AstraZeneca menuturkan akan memiliki sebanyak 200 juta dosis vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2020.

Dikabarkan CNA, vaksin yang dikembangkan Inggris ini dianggap sebagai salah satu harapan terbaik bagi banyak negara berkembang. Sebab, harga yang akan dipatok lebih murah dan penyimpanannya yang hanya membutuhkan suhu lemari es normal.

AstraZeneca akan melakukan uji coba global tambahan untuk menilai kemanjuran vaksinnya.

"Hasil utamanya (vaksin AstraZeneca) adalah vaksin itu bekerja dan itu sangat menarik," ujar Kepala Penasihat Ilmiah Pemerintah Inggris Patrick Vallance.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Asal Rusia Sputnik V Efektif 95 Persen, Ini Kisaran Harganya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X