AstraZeneca: Vaksin Corona Efektif 90 Persen dalam Uji Coba Tahap 3

Kompas.com - 23/11/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/solarsevenIlustrasi vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Vaksin virus corona yang dikembangkan Universitas Oxford dan AstraZeneca dapat mencegah hingga 90 persen Covid-19

AstraZeneca dalam situs resminya menyebutkan, satu rejimen dosis (n = 2.741) menunjukkan kemanjuran vaksin 90 persen diberikan sebagai setengah dosis, diikuti dengan dosis penuh setidaknya jarak satu bulan. 

Selanjutnya, rejimen dosis lainnya (n = 8.895) menunjukkan kemanjuran 62 persen bila diberikan sebagai dua dosis penuh terpisah setidaknya satu bulan.

Sedangkan analisis gabungan vaksin yang diberi nama AZD1222 dari kedua rejimen dosis (n = 11.636) menghasilkan efikasi rata-rata 70 persen. 

"Kemanjuran dan keamanan vaksin ini mengonfirmasi bahwa vaksin itu akan sangat efektif melawan Covid-19 dan akan berdampak langsung pada keadaan darurat kesehatan masyarakat," kata Kepala Eksekutif AstraZeneca, Pascal Soriot seperti dikutip dari CNA, 23 November 2020.

Baca juga: 4 Fakta Vaksin Covid-19 Moderna, dari Hasil Uji Coba hingga Harga

Menyusul vaksin Pfizer dan Moderna

Sebelumnya, setidaknya dua pengembang vaksin, Moderna dan Pfizer/BioNTech telah mengklaim vaksin eksperimentalnya mampu memberikan perlindungan lebih dari 90 persen.

Walaupun efektivitas vaksin tak setinggi dua lainnya, suntikan buatan Oxford jauh lebih murah, juga lebih mudah disimpan dan didistribusikan ke seluruh dunia.

Vaksin Oxford/AstraZeneca bisa disimpan pada suhu lemari es, tidak seperti vaksin Pfizer/BioNTech dan Moderna yang harus disimpan di suhu yang jauh lebih dingin.

Sehingga, vaksin akan tetap masih memainkan peran penting dalam menangani pandemi, jika mendapatkan persetujuan regulator.

Di awal pengembangan vaksin, Pemerintah Inggris telah memesan 100 juta dosis vaksin Oxford yang cukup untuk mengimunisasi 50 juta orang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X