Hari Ini, 72 Jemaah Umrah Kembali Berangkat ke Tanah Suci

Kompas.com - 22/11/2020, 15:22 WIB
Jemaah umrah asal Indonesia tengah menunggu giliran swab test di hotel di Mekkah, Selasa (3/11/2020). Dokumentasi AmphuriJemaah umrah asal Indonesia tengah menunggu giliran swab test di hotel di Mekkah, Selasa (3/11/2020).

KOMPAS.com - Sebanyak 72 orang jemaah umrah gelombang empat bertolak ke Tanah Suci pada hari ini, Minggu (22/11/2020).

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia ( AMPHURI) Zaky Anshary, saat dihubungi Kompas.com, Minggu siang.

"Jemaah hari ini berangkat pukul 10.45 WIB menggunakan penerbangan Saudia Airlines SV 817 sebanyak 72 jemaah dari berbagai travel dan asosiasi," ujar Zaky.

Ia memastikan jemaah umrah mendapatkan fasilitas lengkap dan layanan yang mendukung penerapan protokol kesehatan. 

"Untuk umrah di tengah pandemi, tambahannya layanan yang berhubungan dengan protokol kesehatan seperti polymerase chain reaction (PCR) dan karantina sebelum dan sesudah pulang umrah," ujar Zaky.

Semua layanan umrah berbasis protokol kesehatan juga termasuk penerbangan yang hanya diisi 70 sampai 80 persen dari kapasitas pesawat.

Bis yang ditumpangi jemaah juga hanya 40 persen dari kapasitas maksimal, dan kamar hotel maksimal diisi 2 orang.

Baca juga: Kemenag Bakal Sanksi Penyelenggara Umrah yang Langgar Aturan Protokol Kesehatan

Jemaah umrah mendapatkan asuransi Covid

Jemaah juga mendapatkan asuransi yang meng-cover Covid-19.

Zaky mengatakan, jika sebelum berangkat umrah atau saat melakukan PCR teridentifikasi Covid-19, maka keberangkatan jemaah tersebut akan dijadwal ulang.

"Bahkan, sebagian asuransi memberikan jemaah untuk mendapatkan Rp 20 juta sampai Rp 30 juta dari pihak asuransi akibat kebatalan keberangkatan," ujar Zaky. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X