Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Mencari Kerja pada Masa Pandemi Covid-19?

Kompas.com - 14/11/2020, 11:03 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang berlangsung sekitar 10 bulan belakang ini telah membawa banyak perubahan pada aspek kehidupan manusia.

Terutama, pada sektor kesehatan dan perekonomian. Untuk sektor perekonomian, banyak perusahaan mengalami kesulitan untuk bertahan hingga harus melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawannya.

Dalam situasi sulit ini, mencari pekerjaan menjadi tantangan tersendiri.

Bagaimana mencari kerja di tengah pandemi Covid-19?

1. Minta saran orang dekat

Mengutip Financial Times, Jumat (13/11/2020), Direktur layanan karier dari Universitas Oxford, Jonathan Black, mengatakan, untuk mencari pekerjaan, cara pertama adalah Anda bisa menghubungi kontak atau kenalan Anda.

Setelah itu, mintalah saran dari mereka. Semua orang suka dimintai nasihat.

Kalimat yang bisa Anda coba adalah, "Saya sedang menjajaki pilihan saya sekarang, dan saya akan sangat menghargai nasihat Anda." Pernyataan ini mengurangi tekanan dan akan membuat lebih banyak orang ingin berbicara.

Anda bisa menanyakan kepada mereka saat diskusi itu tentang jenis pekerjaan yang tersedia, kriteria apa yang dicari oleh para pencari kerja, dan sebagainya. Hal itu lebih efektif daripada mengirimkan CV ke semua perusahaan.

2. Kenali cara "menjual" diri

Menurut Jonathan, saat pandemi, banyak orang terpaksa harus pindah ke bidang baru karena beberapa sektor terdampak pandemi lebih keras daripada sektor lainnya.

Ketika memutuskan untuk pindah bidang atau sektor, menurut Jonathan, yang terpenting adalah cari cara untuk "menjual" keterampilan Anda.

"Saya lihat bahwa orang-orang meremehkan keterampilan yang sangat mereka kuasai. Karena mereka merasa mudah, mereka pikir setiap orang pasti pandai dalam hal itu (tetapi ternyata tidak)," kata Jonathan.

Cara untuk mengetahui keterampilan yang Anda miliki salah satunya dengan menanyakan kepada teman, pasangan, atau kolega terpercaya. Anda bisa meminta mereka menulis 3 kata untuk menggambarkan diri Anda.

Bagaimana pun Anda melakukannya, mendapatkan perspektif lain dapat membantu Anda merumuskan rencana dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Tantangan selanjutnya adalah membuktikan atau mendemonstrasikan keterampilan Anda. Anda bisa ikut serta dalam organisasi atau badan amal yang membutuhkan sukarelawan.

Hal itu bisa menjadi bahan pembicaraan saat Anda menawarkan diri saat wawancara kerja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com