Kompas.com - 11/11/2020, 14:30 WIB
Ilustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. Pada sebagian orang Covid-19 dapat mematikan, studi mengungkap virus SARS-CoV-2 dapat memengaruhi protein interferon tipe I (IFN) dalam melawan virus dan membuat sistem kekebalan berbalik melawan dirinya sendiri. SHUTTERSTOCK/creativenekoIlustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. Pada sebagian orang Covid-19 dapat mematikan, studi mengungkap virus SARS-CoV-2 dapat memengaruhi protein interferon tipe I (IFN) dalam melawan virus dan membuat sistem kekebalan berbalik melawan dirinya sendiri.

KOMPAS.com - Virus corona penyebab penyakit Covid-19 telah ditetapkan sebagai pandemi global dan sudah menginfeksi lebih dari 50 juta orang di dunia. 

Dengan cepatnya penularan virus corona baru ini, wajar jika banyak orang bertanya-tanya apakah dirinya tertular jika menderita batuk dan demam.

Gejala awal infeksi corona memang mirip dengan influenza, yakni demam dan batuk.

Pilek, batuk, sakit tenggorokan dan demam, karena gejala awalnya sering serupa, pertanyaan mulai muncul, "Apakah saya hanya pilek atau saya terinfeksi virus corona?".

Sekilas, gejala yang disebabkan oleh virus SARS CoV-2 mirip dengan yang kita ketahui dari "flu biasa".

Baca juga: Saat Vaksin Corona Pfizer Disebut 90 Persen Efektif untuk Covid-19

Gejala infeksi virus corona

Dilansir dari DW, gejala Covid-19 yang sering terjadi, yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Demam
  • Batuk kering
  • Kehilangan bau dan rasa

Sementara itu, gejala spesifik lain yang terkadang muncul, yakni:

  • Pilek
  • Nyeri otot
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Radang paru-paru

Gejala Covid-19 yang jarang terjadi

  • Diare (lebih mungkin terjadi pada anak-anak)
  • Ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki

Bersin bukanlah gejala yang disebabkan oleh virus corona Covid-19. Jadi, jika Anda harus bersin sepanjang waktu dan pilek, Anda mungkin sedang pilek atau flu biasa.

Baca juga: Ahli Kesehatan AS Anthony Fauci Siap Kerja Sama dengan Joe Biden untuk Lawan Corona

Di sisi lain, hilangnya bau dan rasa secara tiba-tiba adalah gejala Covid-19 yang sangat umum dan tidak terjadi dengan flu atau pilek.

Meskipun terkadang juga dapat menyebabkan Anda tidak dapat mencium atau merasakan seperti biasanya untuk sementara karena hidung tersumbat dan tenggorokan meradang.

Gejala khas ini dapat terjadi, tetapi tidak wajib menyertai. Dalam banyak kasus, infeksi Covid-19 berlanjut tanpa gejala atau hanya dengan gejala ringan.

Masa inkubasi virus corona

Menurut badan kesehatan masyarakat Jerman, Robert Koch Institute, rata-rata masa inkubasi Covid-19 adalah 5-6 hari, tetapi bisa sampai 14 hari.

Mereka yang merasa sakit, bergejala atau kurang sehat tidak boleh pergi bekerja, sekolah, dan lainnya. Selain itu juga harus mengurangi kontak sosial dengan orang lain.

Diagnosis diri tidak selalu berguna. Jika Anda tidak yakin atau khawatir, Anda harus menghubungi dokter atau hotline Covid-19.

Mohon jangan pergi ke rumah sakit atau ke kantor dokter atas inisiatif Anda sendiri, karena Covid-19 sangat menular.

Jika ada keraguan, dokter atau pusat tes akan melakukan tes virus corona agar Anda tahu apakah Anda sudah terinfeksi atau belum.

Baca juga: WHO: 6 Negara Laporkan Kasus Virus Corona di Peternakan Cerpelai

Proses penularan virus corona

Rute penularan utama Covid-19 adalah ketika menghirup tetesan atau aerosol yang mengandung virus yang dilepaskan saat orang yang terinfeksi bernapas, batuk, berbicara, bernyanyi atau berteriak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.