Berharap pada Vaksin Covid-19

Kompas.com - 11/11/2020, 09:18 WIB
Ilustrasi vaksin corona, uji coba vaksin Oxford, Inggris, kembali dilanjukan setelah sepekan dihentikan karena salah satu relawan sakit. SHUTTERSTOCK/Orpheus FXIlustrasi vaksin corona, uji coba vaksin Oxford, Inggris, kembali dilanjukan setelah sepekan dihentikan karena salah satu relawan sakit.

PANDEMI Covid-19 masih terjadi. Sejak ditemukan di Wuhan, China, virus Corona terus menular dan menyebar hampir ke seluruh belahan dunia.

Sejumlah negara, termasuk Indonesia berusaha mengendalikan pandemi. Berbagai upaya dilakukan guna menahan penularan dan penyebaran virus ini. Di antaranya melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemerintah juga meminta masyarakat mempraktikkan new normal atau pola hidup baru dengan melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin.

Seperti negara lain, pemerintah Indonesia juga mengupayakan vaksin guna menangkal penularan virus ini.

Sejumlah lembaga mulai dari perguruan tinggi, perusahaan farmasi, lembaga riset hingga telik sandi negara berlomba-lomba dan bekerja sama melakukan kajian dan penelitian guna menemukan vaksin Covid-19.

Tak hanya itu pemerintah juga memesan dan membeli vaksin dari negara lain.

Maju mundur

Pemerintah Indonesia berencana melakukan vaksinasi pada bulan Desember 2020. Menurut Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, rencana vaksinasi Covid-19 di Indonesia kemungkinan baru dapat dilaksanakan pada pekan ketiga Desember 2020.

Awalnya, pemerintah berencana melakukan vaksinasi pada bulan November 2020. Namun rencana itu diundur. Pemerintah beralasan, BPOM memerlukan waktu untuk menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA).

Pemerintah dikabarkan telah mengamankan stok vaksin dari tiga perusahaan farmasi asal China yakni Sinovac, CanSino, dan Sinopharm, serta dari perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca.

Seluruh kandidat vaksin dari keempat perusahaan tersebut masih menjalani uji klinis tahap ketiga.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X