[POPULER TREN] Profil Enam Tokoh Pahlawan Nasional Baru | Pertempuran Surabaya, Cikal Bakal Peringatan Hari Pahlawan

Kompas.com - 11/11/2020, 05:30 WIB
Populer Tren screenshootPopuler Tren

KOMPAS.com - Profil 6 pahlawan baru yang diumumkan dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020 kemarin, menjadi salah satu berita terpopuler di laman Tren.

Selain itu ada pula berita mengenai Pertempuran Surabaya yang menjadi cikal bakal lahirnya peringatan hari pahlawan.

Kemudian, berita promo tiket murah Sriwijaya Air juga banyak mendapatkan perhatian pembaca.

Disusul kemudian mengenai analisis BMKG mengenai cuaca terik di Jawa Tengah dan seputar status siaga Gunung Merapi.

Selengkapnya berikut ini ringkasan berita Populer Tren sepanjang Selasa hingga Rabu (11/11/2020):

1. Profil 6 pahlawan nasional baru

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Presiden Joko Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh terpilih.

Dilansir dari Antara, Senin (9/11/2020) Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, ada enam tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional pada tahun ini.

Mereka yaitu Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara; Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat; dan Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara; MR SM Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara; dan Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari Provinsi Jambi.

Selengkapnya dapat dibaca di sini:

Hari Pahlawan 2020, Ini Profil Enam Tokoh Pahlawan Nasional Baru

2. Pertempuran Surabaya, cikal bakal peringatan Hari Pahlawan

Meskipun Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, itu bukan berarti sudah sepenuhnya bebas dari upaya bangsa lain yang masih ingin menguasai kembali.

Berdasarkan paparan di laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Surabaya memang menjadi kota terjadinya pertempuran terbesar pada masa setelah kemerdekaan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X