Link CCTV untuk Memantau Gunung Merapi dan Nomor Telepon Penting

Kompas.com - 11/11/2020, 10:10 WIB
Gunung Merapi di Jawa Tengah mengalami erupsi dan memuntahkan asap dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter dari puncak pada Jumat (27/3/2020). ANTARA/HO/BPPTKG/pri. antaranewsGunung Merapi di Jawa Tengah mengalami erupsi dan memuntahkan asap dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter dari puncak pada Jumat (27/3/2020). ANTARA/HO/BPPTKG/pri.

KOMPAS.com - Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada ke Siaga (level III) pada Kamis (5/11/2020).

Berdasarkan evaluasi data pemantauan, disimpulkan aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke aktivitas yang membahayakan penduduk.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida.

"Sehubungan dengan hal tersebut maka status aktivitas Gunung Merapi ditingkatkan dari Waspada menjadi Siaga (level III)," ujar Hanik, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Merapi Siaga, Apa Indikator dan Perlu Berapa Tahun bagi Gunung Api Bisa Jadi Tidak Aktif?

Aktivitas gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini banyak dipantau oleh masyarakat, terlebih warga di sekitar Gunung Merapi. 

Berikut adalah beberapa link CCTV yang bisa digunakan masyarakat untuk memantau aktivitas Gunung Merapi:

Link CCTV resmi

Dihubungi secara terpisah, Hanik mengatakan, masyarakat bisa memantau aktivitas Gunung Merapi lewat link CCTV resmi BPPTKG.

Untuk mengakses link CCTV tersebut, masyarakat pertama-tama harus mengunjungi laman resmi BPPTKG.

"CCTV bisa diakses di web http://merapi.bgl.esdm.go.id/," kata Hanik saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/11/2020) pagi.

Setelah masuk di laman tersebut, masyarakat kemudian diarahkan untuk mengklik "Aktivitas Merapi" kemudian "Kamera Pengamatan".

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X