Mengapa Penghitungan Suara Pilpres AS Membutuhkan Waktu yang Lama?

Kompas.com - 07/11/2020, 15:20 WIB
Warga Amerika Serikat menyaksikan hasil pemilihan presiden (pilpres) 2020 yang sejauh ini belum diketahui pemenangnya dan sangat ketat AFPWarga Amerika Serikat menyaksikan hasil pemilihan presiden (pilpres) 2020 yang sejauh ini belum diketahui pemenangnya dan sangat ketat

KOMPAS.com - Sudah tiga hari berlalu sejak penutupan pemungutan suara di Amerika Serikat untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden untuk empat tahun ke depan. Namun, hasil akhir dari pemilihan umum tersebut belum dapat diketahui hingga kini.

Seperti diketahui, pada Pilpres AS tahun ini, ada dua calon presiden yang bertarung, yaitu petahana Donald Trump yang mewakili Partai Repbulik dan Joe Biden yang mewakili Partai Demokrat.

Pertarungan antara kedua kandidat ini memang terbilang sengit.

Baca juga: Penghitungan Suara Masih Dilakukan, Kapan Hasil Akhir Pilpres AS Diumumkan?

Sebagai informasi, pemilihan umum di AS pada dasarnya bukan tentang siapa yang memperoleh suara terbanyak dari rakyat, tetapi mereka yang memperoleh 270 suara di Electoral College.

Mengutip The Guardian, hingga Sabtu (7/11/2020) pukul 13.00 WIB, Biden masih unggul dengan perolehan suara elektoral sebanyak 264 dan Trump dengan 214 suara.

Hingga kini, penghitungan suara masih terus berjalan dan belum jelas waktu pengumuman hasil akhir dapat disampaikan.

Baca juga: Lawan Trump di Pilpres AS 2020, Berikut Sepak Terjang Joe Biden

Lantas, mengapa proses penentuan hasil akhir Pilpres di AS ini memerlukan waktu yang lama?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X