[HOAKS] Penonton Cinema XXI Wajib Keluar Tiap 30 Menit Hirup Udara Segar

Kompas.com - 22/10/2020, 14:08 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial bahwa penonton bioskop Cinema XXI wajib keluar studio setiap 30 menit untuk menghirup udara segar. 

Narasi itu muncul baru-baru ini saat sejumlah bioskop Cinema XXI beroperasi kembali setelah beberapa bulan menutup layanannya akibat pandemi Covid-19.

Cinema XXI membantah informasi yang menyebut penonton wajib keluar studio setiap 30 menit. Informasi itu tidak ada dalam ketentuan protokol kesehatan Cinema XXI. 

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Robbie Rayaida pada Senin (19/10/2020) memuat status bahwa bioskop XXI kembali dibuka. Penonton nantinya wajib keluar studio setiap 30 menit untuk mengirup udara segar. Berikut isi lengkap statusnya:

"Bioskop XXI kembali dibuka. Penonton wajib keluar studio tiap 30 menit untuk menghirup udara segar. Padahal masih di area mall, udaranya sama. ????"

Status Facebook soal penonton bioskop XXI wajib keluar studio setiap 30 menit untuk menghirup udara segar.Facebook Status Facebook soal penonton bioskop XXI wajib keluar studio setiap 30 menit untuk menghirup udara segar.
Hingga Kamis (22/10/2020), statusnya sudah mendapat 49 komentar dan dibagikan 1 kali.

Bantahan XXI

Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI Dewinta Hutagaol membantah bahwa Cinema XXI menerapkan kewajiban bagi penonton untuk keluar dari studio setiap 30 menit.

Ia menyebutkan, Cinema XXI memiliki protokol kesehatan yang harus diikuti seluruh pengunjung dan petugas bioskop yang tercantum dalam XXI New Habits.

"Saat kami melakukan uji coba pembukaan kembali bioskop, XXI New Habits langsung diterapkan dengan baik dan di dalam XXI New Habits tidak terdapat poin yang menyatakan bahwa setiap jeda 30 atau 60 menit pengunjung diharuskan keluar dari studio," kata Dewinta kepada Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Dia mejelaskan, rangkaian protokol kesehatan dalam XXI New Habits diterbitkan berdasarkan regulasi, instruksi, dan juga arahan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X