Berubah Sementara, Ini Cara Melakukan Retweet

Kompas.com - 22/10/2020, 12:44 WIB
Ilustrasi Twitter ZDNet.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com –  Twitter melakukan beberapa perubahan terhadap fiturnya. Salah satunya, Twitter mengubah cara membagikan ulang twit atau  retweet unggahan.

Sebelumnya, perubahan ini bertujuan untuk menekan penyebaran misinformasi menjelang Pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Akan tetapi, perubahan ini tak hanya berdampak terhadap pengguna Twitter di AS. Pengguna Twitter di Indonesia juga mengalaminya.

Hal tersebut disampaikan oleh akun resmi Twitter Indonesia, @TwitterID

“Hi. Akan ada perubahan sementara saat kamu mau melakukan Retweet. Saat klik tombol Retweet, kamu bisa memilih untuk:
- menambah komentar untuk Quote Tweet
- Retweet tanpa menambahkan komentar atau konteks tambahan,” tulis Twitter Indonesia.

Cara retweet terbaru

Dengan perubahan sementara ini, bagaimana cara melakukan retweet?

Sebelumnya, saat akan melakukan retweet, pengguna tinggal mengklik ikon "Retweet" yang kemudian muncul pilihan apakah ingin langsung “Retweet” atau “Kutip Tweet”. Kini, pilihan itu tidak ada lagi.

Cara terbaru retweet bisa dilakukan dengan dua cara ini:

  • Klik ikon retweet, kemudian pengguna akan dibawa pada kotak "Add Comment" yang di bawahnya muncul unggahan yang akan di-retweet. Tuliskan komentar, lalu klik "Retweet".
  • Jika ingin melakukan retweet tanpa quote, pengguna dapat langsung klik "Retweet" dan membiarkan kosong kotak "Add Comment"

Sejumlah warganet memberikan komentarnya atas perubahan sementara ini.

“Thanks min. Tp mending kembaliin fitur 'Edit' pada tweet atau sediain fitur 'tarik pesan' deh di DM. Biar pas salah ketik atau typo bisa di ganti/tarik. Malu kadangan tuh ): " tulis akun @kenyisss.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X